Monday, 22 July 2019

Jurnalis di Sukabumi Juga Kecam Penganiayaan Wartawan di Medan

Selasa, 16 Agustus 2016 — 19:42 WIB
Wartawan Sukabumi mengecam aksi kekerasan oknum TNI AU terhadap dua wartawan di Medan.

Wartawan Sukabumi mengecam aksi kekerasan oknum TNI AU terhadap dua wartawan di Medan.

SUKABUMI (Pos Kota) – Sejumlah wartawan media cetak, online, dan televisi di Sukabumi, Jawa Barat turut mengecam aksi penganiayaan yang dilakukan oknum TNI AU di Kota Medan, Sumatera Utara terhadap dua jurnalis.

Bentuk pengecamannya dengan melakukan aksi unjuk rasa di depan Pendopo Kabupaten Sukabumi, di Jalan A Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Selasa (16/8).

Di lokasi tersebut, sambil membawa berbagai poster berisi kecaman kekerasan mereka melakukan orasi secara bergantian.

“Ini aksi solidaritas terhadap rekan kami yang menjadi korban penganiayaan oleh oknum TNI AU di Medan. Insan pers merupakan pilar keempat demokrasi yang bertugas dilindungi oleh undang-undang,” kata koordinator aksi sekaligus Ketua Sukabumi Journalist Forum (SJF), Fitriansyah Nachrawi.

Panglima TNI, lanjut Fitriansyah, harus memerintahkan untuk mengusut kasus penganiayaan tersebut dengan melakukan penyelidikan. Sehingga oknum TNI yang seharusnya menjaga kedaulatan NKRI tapi melakukan kekerasan kepada wartawan diberi sanksi tegas sesuai aturan.

“Harus diusut tuntas. Oknum TNI tersebut telah menghalangi tugas wartawan, berarti melanggar UU Pers. Apalagi dua wartawan di Medan tersebut harus dirawat intensif di rumah sakit karena luka parah di beberapa bagian tubuhnya,” cetusnya.

Setelah melakukan orasi, mereka langsung membubarkan diri secara tertib. (sule)

  • Soleh

    wartawan aja dibantai apalagi sipillll. Ciduk oknum TNI AU…..