Wednesday, 26 September 2018

Diplomat Korea Utara Membelot ke Korea Selatan

Rabu, 17 Agustus 2016 — 19:56 WIB
Thae Yong-ho (reuters)

Thae Yong-ho (reuters)

INGGRIS – Deputi Duta Besar Korea Utara di London, Inggris telah membelot bersama keluarganya ke Korea Selatan, demikian menurut pejabat Korea Selatan. Thae Yong-ho menjadi pejabat tertinggi yang membelot dari negara terisolasi ke Korea Selatan.

Kementerian Unifikasi di Seoul menolak menjelaskan kapan Thae dan keluarga tiba. Juga tidak dijelaskan bagaimana Thae dan keluarganya sampai di Seoul.

Thae membelot karena merasa kecewa dengan rezim Kim Jong Un di Korea Utara. Thae juga mencemaskan masa depan anaknya, demikian menurut juru bicara kementerian unifikasi, Jeong Joon-hee dalam konferensi pers.

“Kami mengetahui bahwa Deputi Duta Besar Thae mengatakan ketidakpuasan kepada rezim Kim Jong Un dan menginginkan sistem demokrasi yang bebas di Republik Korea dan masa depan anaknya menjadi motif pembelotannya,” kata Jeong. Ditambahkannya, Thae dan keluarganya berada dalam perlindungan pemerintah.

Pengumuman kementerian unifikasi hanya sehari setelah media memberitakan adanya diplomat Korea Utara yang membelot.

Koran Korea Selatan, JoongAng Ilbo, pertama kali melaporkan adanya diplomat yang membelot dan dalam proses mencari suaka di negara ketiga.

Satu pejabat Korea Utara di kedutaan besar di London tidak bisa mengkonfirmasi adanya pembelotan. Menurutnya, informasi pembelotan muncul secara mendadak.

Kementerian Luar Negeri Inggris juga belum memberikan komentar tentang pengumuman Korea Selatan.

Menurut pejabat kementerian unifikasi Korea Selatan, hingga bulan Juli tahun ini sudah ada 814 pembelot yang melarikan diri ke Korea Selatan. Angka ini naik 15 persen dibandingkan tahun lalu, demikian dikatakan pejabat kementerian kepada Reuters.(daus)