Sunday, 24 September 2017

Kakak Saipul Jamil Jalani Sidang Praperadilan

Jumat, 19 Agustus 2016 — 10:29 WIB
Samsul Hidayatullah, kakak Saipul Jamil.

Samsul Hidayatullah, kakak Saipul Jamil.

JAKARTA (Pos Kota) – Sidang permohonan praperadilan yang diajukan kakak pedangdut Saipul Jamil digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jumat (19/8/2016).

Sidang yang diajukan Samsul Hidayatullah, tersangka kasus suap terkait perkara tindak pidana pencabulan pedangdut Saipul Jamil, itu sebelumnya digandekan Kamis (11/8/2016). Sidang akan dipimpin hakim tunggal Martin Ponto Bidara dengan agenda pembacaan permohonan.

“Iya, sidang hari ini,” ujar Tonin Tacha Singarimbun, kuasa hukum Samsul, kepada wartawan.

Permohonan praperadilan tas perkara tindak pidana suap ini terdaftar dengan nomor perkara 112/Pid.Prap/2016/PN.JKT.SEL atas nama pemohon Hafiyah, istri Samsul. Pihak termohon adalah Komisi pemberantasan Korupsi (KPK).

Permohonan praperadilan diajukan untuk menguji sah tidaknya penetapan tersangka, penangkapan, penahanan, penyitaan, penggeledahan dan proses pemberkasan kasus yang dilakukan KPK.

Permohonan praperadilan terhadap KPK ini adalah yang kedua. Sebelumnya, diajukan ke PN Jakarta Pusat namun ditolak karena dianggap yang berwenang mengadili PN Jakarta Selatan, sesuai domisili KPK.

Samsul menjadi ditangkap KPK bersama Rohadi dan dua pengacara Saipul dalam Operasi Tangkap Tangan pada 15 Juni 2016. Saat itu, KPK menyita uang Rp250 juta dari tangan Rohadi.

Satu hari sebelumnya, pedangdut yang kerap disapa dengan sebutan Bang Ipul itu divonis 3 tahun penjara. Putusan ini lebih ringan dari tuntutan jaksa, yaktu tujuh tahun penjara dan denda Rp100 juta. (*/yp)

  • endun

    jangan nyerah bang sesama LGBT kita bersatu! salam hap hap