Tuesday, 17 September 2019

Tim Gabungan Evakuasi Pesawat Latih yang Jatuh di Tasikmalaya

Jumat, 19 Agustus 2016 — 20:47 WIB
Tim gabungan evakuasi puing pesawat yang jatuh di Kabupaten Tasikmalaya

Tim gabungan evakuasi puing pesawat yang jatuh di Kabupaten Tasikmalaya

BANDUNG (Pos Kota) – Tim gabungan dibantu warga setempat,  Jumat (19/8/2016), ramai ramai mengevakuasi bangkai pesawat  latih jenis heli yang jatuh di Kampung Pongpok, Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya.

Puing pesawat  milik  PT Perkasa Flight School Cilacap  dikirim ke Lanud Kota Tasikmalaya. “Tim gabungan sudah mengevakuasi puing pesawat, hanya penyebab jatuhnya pesawat masih misterius,“ ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus, Jumat.

Ia melanjutkan, tim ahli dari KNKT pun masih bekerja melakukan penyelidikan dan olah TKP (tempat kejadian perkara). Hanya saja, ungkapnya, tim itu  belum bisa menjelaskan penyebab jatuhnya pesawat latih itu. “Tunggu saja nanti penjelasan seputar penyebab jatuhnya pesawat dari tim ahli KNKT,“ tandasnya.

Evakuasi puing pesawat memakan waktu cukup lama. Tim gabungan dari KNKT, Basarnas, Polri, Lanud dan unsur lainya bekerja ekstra keras melakukan pemeriksaan, termasuk mengumpulkan dan mencari puing pesawat. Jumat sore puing-puing  itu  dibawa ke Lanud Tasikmalaya Kota. (Baca: Pesawat Latih Jatuh di Tasikmalaya)

Diberitakan, pesawat latih jatuh Kamis kemarin  di tengah sawah, di Kabupaten Tasikmalaya. Pesawat tersebut terbang dari Nusawiru Pangandaran dengan ketinggian 1000 meter. Ketika memutar di Karangnunggal, pesawat itu oun jatuh. Pilot pilot Yosaphat Lintang Nitibaskoro asal Pekalongan, dan dua awaknya  M Arief Faridan dan M Fadli asal Tangerang selamat.

Keterangan menyebutkan  pesawat heli latih Five Cesna No. 172 Five warior, PK PB 6 jatuh di sawah milik Toni di Kabupaten Trasikmalaya sekitar pukul 17.00 diduga mengalami trouble pada mesin. (Dono/win)