Saturday, 20 October 2018

Sambangi Stoke , Manchester City Ingin Balas Dendam

Sabtu, 20 Agustus 2016 — 7:13 WIB
Aguero tetap jadi andalan Manchester City  (reuters)

Aguero tetap jadi andalan Manchester City (reuters)

STOKE (Pos Kota) – Menyambangi markas Stoke City, bukan perkara mudah bagi Manchester City yang pernah dipaksa menyerah 0-2 pada pentas Liga Primer Inggris di Stadion Bet365, musim lalu. Kini, skuad asuhan Pep Guardiola itu datang dengan misi membayar lunas kekalahan tersebut sekaligus menjaga rekor kemenangan beruntun di awal musim, Sabtu (20/8) malam WIB.

Sebelumnya, City mengalahkan Sunderland 2-1 pada laga perdana Liga Primer dan membantai Steaua Bucurest 5-0 pada leg pertama babak kualifikasi Liga Champions. Kemenangan beruntun itu tentunya jadi modal bagi skuad Guardiola untuk bisa mempertahankan rekor kemenangan mereka di awal musim ini.

Apalagi sang bomber, Sergio Aguero sudah mulai menunjukkan ketajamannya di depan gawang lawan setelah memborong tiga gol saat menyambangi Steaua di Rumania, tengah pekan kemarin. “Itu adalah penampilan yang luar biasa,” kata Guardiola seperti dikutip Sky Sports.

Berkat performanya itu, Guardiola pun masih akan mempercayakan bomber asal Argentina tersebut untuk menjadi ujung tombak di lini serang City pada laga nanti. Sementara Nolito yang sudah beradaptasi dan menyumbangkan satu gol, kemungkinan akan ditempatkan tepat di belakang Aguero dengan formasi 4-1-4-1.

Sedangkan Vincent Kompany masih belum bisa tanpil, begitu juga dengan Ilkay Gundogan karena masalah kebugaran dalam pemulihan. Namun yang akan menjadi pertanyaan adalah siapa yang akan dipercayakan Guardiola untuk berdiri di bawah mistar gawang.

HART TERSINGKIR

Maklum, dalam dua laga sebelumnya, Guardiola selalu menjatuhkan pilihan pada Willy Caballero dan menyingkirkan Joe Hart. Parahnya lagi, Guardiola bermaksud merekrut kiper Claudio Bravo dari Barcelona. Ini akan membuat peluang Hart tampil reguler semakin tipis. Sekiranya Bravo jadi dibeli The Citizens, Hart bisa dipastikan bakal hengkang dari Etihad sebelum bursa transfer pemain ditutup, akhir Agustus ini.

“Saya tidak peduli apakah pergi sebagai pinjaman atau dijual. Yang penting saya bisa tampil rutin karena saya masih ingin memperkuat Inggris di Piala Dunia 2018,” tandas Hart.

Situasi itu tentunya jadi keuntungan bagi Stoke yang ingin meneruskan tren positif setiap kali menjamu City di depan publik sendiri. Dari delapan jamuan terakhir melawan City, Stoke sukses memetik dua kemenangan, empat kali imbang, dan dua kali kalah.

Untuk itu, pelatih Stoke yang juga mantan arsitek City, Mark Huges meminta anak-anak asuhnya untuk fokus agar dapat memberikan penampilan terbaik seperti yang mereka perlihatkan tahun lalu. Apalagi kemenangan akan sangat penting bagi Stoke untuk tetap menjaga aura positif yang mereka perlihatkan awal musim ini.

Sebelumnya, Stoke sukses menahan tuan rumah Middlesbrough 1-1 pada laga perdana Liga Primer, akhir pekan lalu. Usai menjamu City, skuad asuhan Hughes bakal melawat Stevenage pada babak kualifikasi Liga Eropa UEFA, tengah pekan depan.

Pada laga lainnya, Swansea City menjamu Hull City, Tottenham Hotspur ladeni Crystal Palace, Watford kedatangan Chelsea, West Bromwich Albion bentrok dengan tamunya Everton, Burnley sambut Liverpool, dan Arsenal sambangi Leicester City. (junius)