Saturday, 22 September 2018

Dukun Ngaku Bisa Gandakan Uang, Pengusaha Terima Uang Palsu Rp32 Miliar

Rabu, 24 Agustus 2016 — 15:38 WIB
Upal (Doc)

Upal (Doc)

BANDUNG (Pos Kota) – Baru lulus bertapa dari salah satu gunung di Wilayah Jawa Barat, dukun AS  yang mengaku ahli pengganda uang  menipu pengusaha asal Kota Bandung. Uang Rp 450 juta yang berencana digandakan menjadi Rp 32 miliar raib.

Tapi, Rabu (24/8) subuh dukun AS dan anak buahnya ditangkap, di rumahnya di Jalan Kiaracondong Bandung. “ Kami masih memburu pelaku EG dan EMS yang diduga kabur ke luar kota,“ kata Wakasat Reskrim Polrestabes Bandung Kompol M Fauzan Syahrir, kepada wartawan.

Komplotan ini berhasil menipu poengusaha kain HH April 2016. Korban terbuai iming-iming uang Rp 32 miliar yang dijanjikan ki dukun dan anak buahnya.

Fauzan menuturkan, korban memang kenal dengan pria yang mengaku dukun. Di hadapan korban, AS bercerita baru lulus bertapa dari salah satu gunung dan mendapat wangsit pandai menggandakan uang.

Setelah mendengar cerita korban pun terhipnotis. Ia langsung menyanggupi memberikan uang Rp 450 juta untuk digandakan menjadi Rp 32 miliar.

Uang itu, lanjut Wakasat, diberikan kepaad dukun tiga tahap. Pertama Rp 100 juta, empat hari kemudian Rp 100 juta, dan sepekan kemudian Rp 250 juta. “Sebulan berikutnya, dukun datang ke rumah korban dan menyerahkan delapan dus berisi uang amanah  Rp 32 miliar,“ ujar Kompol Fauzan.

Setelah para pelaku pulang, korban membuka delapan dus tersebut dan ternyata hanya berisi tumpukan kertas mirip uang  pecahan Rp 100 ribu. Atas kejadian tersebut korban HH melapor kepada polisi. “Kini, dua pria yang sudah diamankan dijerat pasal 378 KUH Pidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” ujar Wakasat Reskrim. (Dono/win)