Saturday, 20 July 2019

Gempa 6,2 Skala Richter Guncang Italia, 6 Orang Tewas

Rabu, 24 Agustus 2016 — 12:24 WIB
Gempa berkekuatan 6,2 skala ritcher guncang kota Amatrice, Italia. (reuters)

Gempa berkekuatan 6,2 skala ritcher guncang kota Amatrice, Italia. (reuters)

ITALIA – Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) melanda kota Amatrice, Italia. Sedikitnya enam orang dilaporkan tewas dan banyak warga masih terperangkap di reruntuhan gedung.

“Enam orang yang tewas terjebak direruntuhan. Dua orang dewasa dan dua anak-anak,” ucap Walikota Amatrice, Sergio Pirozzi, dilansir News.

US geological Survey menyatakan, gempa terjadi pukul 03.36 waktu setempat, dengan pusat gempa 76 kilometer tenggara dari kota pada kedalaman 10 kilometer.

Dilaporkan, kota Amatrice porak poranda pasca gempa. Bahkan, saksi mata mengatakan sebagian kota seakan hilang akibat gempa tersebut.

Flavio Maccarone (35), salah satu warga mengatakan, saat terjadi guncangan, warga berhamburan panik keluar rumah. “Bahkan setelah gempa, kami tetap berdiam diri dan berdoa tidak ada guncangan lagi,” ujarnya.

“Kami ketakutan. Rasanya seperti merasakan lagi gempa 2009 yang banyak menelan korban jiwa,” ungkapnya.

Pada 2009, sebuah gempa berkekuatan 6,3 skala Richter terjadi di wilayah Aquila dan dirasakan pula di ibu kota Italia. Gempa tersebut menewaskan lebih dari 300 orang.

Hingga kini upaya penyelamatan masih terus dilakukan terhadap korban yang tertimpa reruntuhan. Sementara warga yang selamat segera diungsikan ke lokasi aman. (embun)