Wednesday, 26 September 2018

Indonesia Butuh Banyak Lagi Polwan

Kamis, 25 Agustus 2016 — 16:47 WIB
Sestama Kementerian PP dan PA Wahyu Hartomo. (Ist)

Sestama Kementerian PP dan PA Wahyu Hartomo. (Ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Jumlah perempuan yang menekuni profesi polisi wanita (Polwan) masih sangat minim. Dari total polisi yang ada di Indonesia, Polwan baru mengisi 5 persennya. Jadi, Indonesia butuh banyak Polwan. Untuk itu, kaum muda perempuan didorong untuk masuk Polwan.

“Padahal seiring upaya kita mendekatkan pelayanan kepada perempuan dan anak ditingkat akar rumput, maka kita membutuhkan Polwan lebih banyak lagi,” kata Sekretaris Utama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Wahyu Hartomo, di sela HUT Polwan ke-68, Kamis (25/8/2016).

Karena itu pihaknya mendorong generasi muda dari kalangan perempuan untuk menggeluti profesi Polwan. Profesi ini tidak hanya berkaitan dengan tata tertib masyarakat, tetapi juga terkait dengan kesejahteraan sosial masyarakat.

Wahyu mengatakan keberadaan Polwan amat penting sebagai unsur dalam pembentukan tim perlindungan perempuan dan anak (P2TP2A) yang selama ini baru dibentuk di tingkat Polres. Seiring upaya pemerintah makin mendekatkan pelayanan pada masyarakat ditingkat bawah maka P2TP2A harus mulai dibentuk di tingkat Polsek.

Dengan adanya Polwan diakui Wahyu maka kasus-kasus kejahatan yang dialami perempuan dan anak akan semakin bisa diatasi. Diakui untuk mendorong perempuan menekuni profesi sebagai Polwan itu tidak mudah. Karena tentu banyak faktor yang mempengaruhinya termasuk animo dan keinginan masyarakat menjadi Polwan.

“Idealnya kita punya 30 persen dari total jumlah polisi adalah Polwan. Tetapi itu tentu tidak mudah. Mungkin kita lakukan bertahap, 10 persen sudah bagus,” tambahnya.

Wahyu mengakui kasus kejahatan dan kekerasan terhadap perempuan dan anak membutuhkan penanganan yang lebih serius lagi mengingat ragam dan jumlahnya memang meningkat. Dengan kehadiran Polwan maka koordinasi dan penanganan kasus dilapangan tentu akan jauh lebih mudah. (Faisal/win)