Sunday, 15 September 2019

Korban Gempa Italia Sudah 241 Tewas

Kamis, 25 Agustus 2016 — 20:34 WIB
Korban gempa Italia dievakuasi dari reruntuhan (reuters)

Korban gempa Italia dievakuasi dari reruntuhan (reuters)

ITALIA – Angka korban tewas akibat gempa Italia telah mencapai 241 orang, demikian menurut pemerintah.

Ribuan anggota tim penyelamat masih terus mencoba menemukan korban selamat yang terjebak di bawah reruntuhan di kota Amatrice, Accumoli dan Pescara del Tronto, tiga wilayah di pegunungan yang mengalami kerusakan paling parah.

Kementerian Kesehatan mengatakan, sebagian korban adalah anak-anak dan diperkirakan jumlah korban masih akan terus bertambah.

Sebanyak 184 korban tewas berasal dari kota Amatrice, sedangkan korban di Aquata mencapai 46 dan 11 korban berasal dari Accumoli.

Populasi kota Amatrice sekitar 2.500 jiwa namun saat terjadi gempa, wisatawan membanjiri kota Amatrice yang akan mengadakan festival kuliner lokal. Sebagian besar korban tengah tidur saat gempa terjadi.

Gempa berskala 6,2 SR terjadi pada Rabu (24/8) pukul 03:36 dinihari waktu setempat. Gempa berkedalaman 84km terasa hingga kota Roma, sekitar 100km dari pusat gempa.

Perdana Menteri Matteo Renzi telah mengadakan rapat kabinet darurat pada Kamis untuk membahas tentang bencana ini, termasuk membahas rencana rekonstruksi wilayah yang hancur akibat gempa.(daus)