Monday, 16 September 2019

Lapangan Banteng Bakal Jadi Taman Olahraga

Jumat, 26 Agustus 2016 — 19:14 WIB
Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta akan membangun taman rekreasi dan olahraga di Lapangan Banteng, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Pembangunan taman yang dilengkapi jogging track, tempat mandi, ruang ber-AC menggunakan dana corporate social responsibility (CSR).

Kabar pembangunan ini sudah santer di lapangan dan menarik minat sejumlah pedagang kuliner bisa bergabung di sini. “Bagus banget kalau di sini dibangun taman rekreasi dilengkapi sarana olahraga dan kuliner. Semoga kami bisa bergabung,” ujar Hasan, pedagang makanan di pinggir Lapangan Banteng, Jumat (26/8/2016).

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Djafar Muqlisin, membenarkan di lokasi itu akan dibangun fasilitas yang mengakomodir banyak kebutuhan. “Fasilitas itu dibangun menggunakan dana CSR pengembang yang mengajukan koefisien luas bangunan (KLB) proyek miliknya. Sebagai konsekuensinya, pengembang diwajibkan mendanai pembangunan, antara lain menggarap Lapangan Banteng,” ujarnya.

Dalam tahap pembangunan, pemprov bertindak sebagai konseptor dan pengawas karena akan menjadi pengelolanya. “Namun kapan dimulai pembangunan itu, masih belum bisa dipastikan karena masih perlu banyak kajian,” ujar Djafar.

Adapun konsep sementara yang diketahuinya adalah pembangunan taman dilengkapi sarana olahraga. “Kemungkinan juga ada pusat kuliner seperti Lenggang Jakarta di Monas,” paparnya. Pembangunan di atas lahan taman yang sering digelar pameran flora dan fauna.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah serta Perdagangan (KUMKMP) DKI, Irwandi, memastikan tidak ada pembangunan pusat kuliner dalam proyek itu. “Kami tidak dilibatkan dalam proyek Lapangan Banteng, cuma dapat dapat surat tembusan saja bahwa di lokasi itu akan dibangun taman rekreasi dan olahraga,” jelasnya. (joko)