Tuesday, 23 October 2018

Kamis, Sidang Itsbat Penetapan Idul Adha

Selasa, 30 Agustus 2016 — 13:35 WIB
Padang Arafah, Arab Saudi. (dok)

Padang Arafah, Arab Saudi. (dok)

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat untuk menetapkan Awal Zulhijjah 1437 H atau Idul Adha 1437 H pada Kamis (1/9/2016).

Sidang itsbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH. Thamrin Nomor 6 Jakarta, pukul 17.00 WIB.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, M. Thambrin, mengatakan sidang isbat akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua MUI, Duta Besar Negara Sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.

Sidang diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan Posisi Hilal Awal Zulhijjah 1437H oleh Anggota Tim Husab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 Wib.

Setelah Salat Maghrib, sidang digelar dengan pembukaan Sidang Itsbat oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data Hisab dan Pelaksanaan Rukyatul Hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) M. Thambrin.

Hasil sidang itsbat akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat melalui konferensi pers.

 (Baca: 106.925 Calhaj Indonesia Sudah Berada di Mekkah)

 

Direktur Urais M. Thambrin mengatakan Sidang Itsbat dilakukan secara tertutup seperti saat sidang penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawal, namun awak media diberikan kesempatan untuk melakukan pengambilan gambar suasana sidang sebelum sidang resmi dimulai.

“Sidang Itsbat dilakukan tertutup, dan setelahnya akan dilakukan konperensi pers hasil sidang Itsbat oleh bapak Menteri Agama,” terang M. Thambrin.
(kemenag/sir)