Saturday, 22 September 2018

Mahasiswa Baru Faperta IPB Ikuti Pengenalan Fakultas

Selasa, 30 Agustus 2016 — 8:56 WIB
Faperta

BOGOR (Pos Kota) – Mahasiswa baru angkatan 53 Fakultas Pertanian (Faperta) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengikuti kegiatan pengenalan fakultas.

Kegiatan ini berpusat di Auditorium Toyib Hadiwijaya Faperta Kampus IPB Darmaga, Bogor. Kegiatan ini merupakan rangkaian Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) yang bertujuan untuk mengenalkan fakultas dan departemen.

Dekan Faperta, Dr. Agus Purwito menyampaikan profil IPB dan memotivasi mahasiswa baru. “Pertanian tidak selalu berada di lahan dengan tudung caping, tetapi bisa juga menjadi manajer di kantor dengan pakaian rapi dan berjas. Jadi jangan merasa salah masuk IPB, karena tersesat masuk IPB adalah tersesat di jalan yang benar,” kata Dr. Agus Purwito.

Kegiatan pengenalan fakultas ini dihadiri juga oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Nurhayati; Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan, Dr. Suwardi; dan pejabat tiap departemen.

Pada kegiatan ini dikenalkan profil IPB dan Faperta, sarana prasarana di Faperta, tata tertib kampus, serta pengenalan tiap departemen di lingkungan departemen masing-masing.
Tidak hanya itu, juga diadakan tour fakultas ke tiap sekretariat organisasi kemahasiswaan di Faperta dan talkshow singkat tentang organisasi, akademik, dan wirausaha.

“Pengenalan fakultas dan departemen di awal masuk seperti ini sangat penting. Tujuannya adalah untuk menanamkan kecintaan terhadap fakultas dan departemen sejak awal, meskipun mereka harus melewati Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) selama satu tahun. Tapi harapannya mereka tidak merasa salah pilih jurusan, karena dari awal sudah dikenalkan semuanya,” tutur koordinator pengenalan fakultas di Faperta, Muhammad Bagus Setyo Nugroho.

Dalam kegiatan ini, Guru Besar Faperta IPB, Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin berbagi wawasan tentang pertanian modern yang menyampaikan materi tentang “Aku dan Masa Depan Pertanianku”.
Menurutnya, mahasiswa sebagai pemuda memiliki peran penting dalam mewujudkan pembangunan pertanian.

“Pertama pemuda sebagai generasi penerus bangsa, kedua pemuda sebagai agen pengubah bangsa, dan ketiga pemuda sebagai penggerak moral bangsa,”ujarnya.

Kegiatan pengenalan fakultas di Faperta berakhir dengan meriah. Pancingan dari tim supporter “Green Force” berhasil mengajak mahasiswa baru untuk ikut meramaikan suasana dengan menyanyikan lagu-lagu supporter-an.

“Saya bangga menjadi bagian dari Faperta. Apalagi lewat kegiatan ini disajikan pembicara-pembicara hebat yang menyampaikan inovasi luar biasa di bidang pertanian. Wawasan saya semakin bertambah tentang pertanian dan ingin segera belajar di Faperta,”kata Dini Puspa Dewi, salah satu peserta.

(yopi/sir)