Monday, 23 October 2017

Neuer Jadi Kapten Timnas Jerman

Jumat, 2 September 2016 — 7:15 WIB
Manuel Neuer

Manuel Neuer

JERMAN – Manajer timnas Jerman, Joachim Low, telah menunjuk Manuel Neuer sebagai kapten tim untuk menggantikan Bastian Schweinsteiger yang telah pensiun dari sepak bola internasional.

Neuer yang bermain bersama klub Bayern Munich, telah 70 kali menjadi kiper Jerman sejak tahun 2009.

“Saya merasa bangga menjadi kapten tim,” kata Neuer seperti yang dikutip situs resmi asosiasi sepak bola Jerman.

Manajer Loew pun memuji Neuer sebagai orang yang tepat untuk memimpin tim di lapangan. Menurut manajer 56 tahun, Neuer adalah pemain yang selalu siap berjuang bersama tim. Kiper 30 tahun ini juga dianggap mampu memanggul tanggung jawab dan mempunyai pribadi yang berkualitas.

“Saya yakin Neuer bisa memimpin tim baik di lapangan ataupun di luar lapangan,” kata Low.

Neuer adalah kiper kedua yang menjadi kapten timnas Jerman setelah Oliver Kahn pada periode 2001-2004.

“Kehormatan besar bagi saya menjadi kapten tim yang diperlukan untuk memimpin di lapangan, tapi kita semua tahu, untuk meraih sukses kita harus memutuskan bersama-sama. Saya merasa bangga atas kepercayaan manajer dengan menunjuk saya sebagai kapten,” kata Neuer.

Presiden asosiasi sepak bola Jerman, Reinhard Grindel, juga menyambut penunjukkan Neuer dengan gembira. “Manuel Neuer pemain yang berpengalaman, mempunyai kemampuan memimpin dan bisa berkomunikasi dengan baik. Dia mempunyai semua yang dibutuhkan seorang kapten. Low telah memilih orang yang tepat,” kata Grindel.

Neuer menjadi kiper utama saat Jerman meraih gelar juara Piala Dunia 2014. Pada tahun 2013, 2014 dan 2015, Neuer dinobatkan sebagai kiper terbaik Jerman.

Laga perdana Neuer sebagai kapten akan digelar pada 4 September mendatang saat Jerman bertamu ke Norwegia dalam kualifikasi Piala Dunia 2018.(daus)