Friday, 21 September 2018

BPJS Ketenagakerjaan Santuni Laka Kerja Rp120,8 Juta

Senin, 5 September 2016 — 14:55 WIB
Direktur Pelayanan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis didampingi Kakacab Rawamangun Tommy WK dan Kakanwil DKI Jakarta Endro Sucahyono menyerahkan santunan cacat (kecelakaan kerja) kepada Endi pekerja PT Endico Utama.(Tri)

Direktur Pelayanan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis didampingi Kakacab Rawamangun Tommy WK dan Kakanwil DKI Jakarta Endro Sucahyono menyerahkan santunan cacat (kecelakaan kerja) kepada Endi pekerja PT Endico Utama.(Tri)

JAKARTA (Pos Kota) – Kehilangan telapak kaki kiri akibat kecelakaan , Endi menerima santunan kecelakaan kerja sebesar Rp120,8 juta dari BPJS Ketenagakerjaan.

Santunan diserahkan langsung Direktur Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga E. Ilyas Lubis saat turun langsung melayani peserta di Kantor BPJSTK Cabang Rawamangun, Jakarta Timur dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, Senin (5/9).

Endi mengapresiasi pelayanan BPJSTK, karena telah menanggung seluruh biaya perawatan sebesar Rp53 juta dan juga santunan cacat sebagian Rp67 juta. “Saya dirawat satu bulan lebih karena ditabrak saat berangkat kerja. Alhamdulillah semua biaya ditanggung. Selain santunan cacat, saya juga mendapat pelatihan Return To Work sampai siap bekerja lagi,” tutur Endi yang bekerja di PT Endico Utama.

Ilyas mengungkapkan selain santunan, peserta yang belum bisa bekerja, tetap mendapat upah selama 6 bulan yang dibayarkan BPJSTK.

Kepada sejumlah peserta yang akan mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dan lainnya, Ilyas yang didampingi Kacab Rawamangun Tommy WK dan Kakanwil BPJSTK Endro Sucahyono mengatakan, pekerja bisa mendaftar lagi secara mandiri.

“Dari segi usia banyak yang masih muda. Jadi walau JHT sudah dicairkan, bisa mendaftar lagi secara mandiri untuk program Jaminan Kematian dan Kecelakaan Kerja, dengan iuran mulai Rp16.800 per bulan. Ini untuk perlindungan pekerja, karena kita tidak tahu kapan musibah datang,” ujar Ilyas.

Di BPJSTK Rawamangun juga diberikan pelayanan pemeriksaan gratis kepada para peserta. “Kalau dalam pemeriksaan ada peserta yang harus dirujuk, kami akan beri surat penngantar ke rumah sakit. Disini kami juga memberi pelayanan cek gula darah,” jelas Tommy WK.

Pelayanan langsung dalam program “Senyum Bersama BPJSTK” juga dilakukan Direktur Kepesertaan dan Kepatuhan Evy Afiatin di Kantor BPJSTK Cabang Cilandak.

Dalam Hari Pelanggan Nasional ini, kata Evy, seluruh personil BPJSTK akan terus memberi pelayanan terbaik pada peserta. “Hari ini sejumlah direksi terjun langsung melayani peserta disejumlah kantor cabang. Kemarin kami juga ikut dalam parade Hari Pelanggan Nasional,” ujarnya.
(tri/sir)