Friday, 23 August 2019

10 WN Somalia Diamankan di Lampung

Rabu, 7 September 2016 — 19:23 WIB
WN Somalia yang diamankan di Imigrasi Kalianda Lampung

WN Somalia yang diamankan di Imigrasi Kalianda Lampung

LAMPUNG (Pos Kota) – Sepuluh warga negara Somalia diamankan oleh petugas Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Lampungt Rabu r pukul 10.00 WIB. Selanjutnya, 10 WNA ilegal tersebut, diserahkan ke Kantor Imigrasi Kalianda.

Kepala Imigrasi Kalianda, Edy Firyan warga Somalia tersebut, diamankan lantaran tidak memiliki visa serta tidak mengantongi izin resmi dari kantor keimigrasian untuk masuk ke Indonesia.

Menurutnya, 10 WNA tersebut masuk ke Indonesia melalui jalur gelap dan tidak memiliki paspor.

Mereka masuk ke Indonesia melalui jalur Medan, Sumatera Utara dengan menggunakan kapal. Kemudian para WNA tersebut, melanjutkan perjalanan naik Bus ALS tujuan Jakarta.

“Petugas KSKP Bakauheni sedang melakukan pemeriksaan, melihat ada 10 WNA itu berada di dalam bus langsung diamankan,”terangnya.

Imigrasi Kalianda segera mengirimkan 10 WNA asal Somalia tersebut ke Rumah Detensi Imigrasi di Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala Imigrasi Kalianda, Edy Firyan mengutarakan, dari hasil pemeriksaan dan keterangan sementara para WNA asal Somalia tersebut, masuk ke Indonesia dengan tujuan akhir Jakarta menemui pihak International Organization for Migrasion (IOM) untuk mencari suaka ke Amerika dan Kanada.

Mereka kabur dari Somalia karena di negaranya sedang terjadi perang.(Koesma)