Monday, 24 September 2018

PGRI Dukung Penguatan Pendidikan Karakter

Kamis, 8 September 2016 — 13:57 WIB
Mendikbud Muhadjir Effendi saat menerima kartu keanggotaan PGRI dari Plt Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi. (Ist)

Mendikbud Muhadjir Effendi saat menerima kartu keanggotaan PGRI dari Plt Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi. (Ist)

JAKARTA (Pos Kota)- Dominasi China atas perekonomian dunia dalam beberapa tahun ini makin menguat. Jika berkaca dari filosofi negara China maka sesungguhnya semua bermuara pada karakter bangsa.

“China dikenal sebagai negara dengan karakter kebangsaannya yang kuat,” papar Mendikbud Muhadjir Effendi saat menjadi pembicara dalam seminar yang diselenggarakan PB PGRI, Kamis (8/9).

Karena itulah Indonesia juga harus kembali menggali nilai-nilai karakter kebangsaan. Bahwa nilai-nilai tersebut harus mampu mengantarkan generasi muda menjadi generasi yang tangguh, maju dan memiliki etos kerja keras.

Mendikbud mengatakan saat ini pemerintah telah menetapkan kebijakan penguatan karakter pada pendidikan SD hingga 70 persen dan SMP 60 persen. Kebijakan tersebut tatarannya bukan lagi diperdebatkan tetapi harus segera diimplementasikan.

Menurut Plt Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi, mengangkat pendidikan karakter sebagai program prioritas pemerintah adalah tepat dan mendesak. Pendidikan karakter adalah bagian yang tak terpisahkan dalam proses pendidikan dan kebudayaan. Bahkan menjadi ruh utama penyelenggaraan proses belajar mengajar di sekolah.

Saat ini wacana yang muncul untukĀ  penguatan pendidikan karakter adalah konsep sekolah 5 hari atau full day school. Menurut Unifah apapun namanya terpenting bahwa konsep pendidikan karakter harus dirumuskan secara jelas.

“Hal lain bahwa konsep penguatan pendidikan karakter ini jangan disamaratakan bentuk maupun kebijakannya baik antar sekolah maupun antar daerah. Karena sekolah punya otonomi. Daerah juga punya pertimbangan khusus,” tandas Unifah.

Pendidikan karakter dalam berbagai bentuknya diakui Unifah juga sudah dilaksanakan diberbagai daerah seperti di Lubuk Linggau dibawah kepemimpinan Walikota Prana Putra Sohe, SMA PGRI Plus Cibinong dan sekolah lainnya. (Faisal/win)