Thursday, 26 April 2018

Jaksa Agung Taati Putusan MK yang Menangkan Gugatan Novanto

Jumat, 9 September 2016 — 18:41 WIB
Jaksa Agung M. Prasetyo

Jaksa Agung M. Prasetyo

JAKARTA (Pos Kota) – Mahkamah Konstitusi telah memenangkan gugatan Setya Novanto soal rekaman ‘Papa minta saham’ yang disebutnya sebagai barang bukti ilegal dalam sidang di MKD DPR, silam.

Atas putusan itu, Jaksa Agung HM Prasetyo akan mentaati putusan MK itu, meski bukti rekaman itu juga masih manjadi barang bukti yang ditangani Kejagung. Jaksa Agung mentaati karena  putusan MK  bersifat final dan mengikat. “Keputusan MK itu kan final dan mengikat,” kata HM Prasetyo, di Jakarta, Jumat (9/9).

Pihaknya akan menaati putusan MK tersebut, meski diakuinya hingga kini belum menerima salinan putusan dari MK. “Kita akan lihat dan pelajari dulu putusannya seperti apa,” ujar Prasetyo.

Diketahui, MK menerima gugatan uji materi yang diajukan oleh Setya Novanto, terkait penyadapan atau perekaman yang dijadikan barang bukti dalam penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan.

Pasal yang diuji yakni Pasal 5 Ayat 1 dan Ayat 2, Pasal 44 huruf b dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta Pasal 26 A UU KPK.

Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul dalam sidang putusan mengatakan bahwa ada kekurang-lengkapan peraturan terkait penyadapan. Maka dari itu, gugatan uji materi yang diajukan pemohon menjadi beralasan secara hukum. (guruh/win)