Saturday, 21 October 2017

Jelang Idul Adha, Harga Daging Ayam dan Sayuran di Tangsel Naik

Jumat, 9 September 2016 — 13:57 WIB
Sejumlah petugas dari DPKP Kota Tangsel saat mengecek harga sembako di Pasar Ciputat. (anton)

Sejumlah petugas dari DPKP Kota Tangsel saat mengecek harga sembako di Pasar Ciputat. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Stok Kebutuhan pokok menjelang Lebaran Haji atau Idul Adha di sejumlah pasar tradisional di Tangerang Selatan (Tangsel)  dinilai cukup dan harga stabil. Meski ada kenaikkan tapi hanya beberapa saja,  seperti cabe rawit, bawang merah dan daging ayam.

Kenaikkan tak seberapa masih normal atau stabil menjelang Idul Adha mendatang seperti cabe merah dari sebelumnya Rp 40 ribu/kg kini naik menjadi Rp 45 ribu/kg, bawang merah dari Rp 45 ribu/kg menjadi Rp 50 ribu/kg dan daging ayam dari Rp 18 ribu kini menjadi Rp 21 ribu/kg.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Distribusi Ketersediaan dan Kerawanan Pangan di Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan (DPKP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Musari, Jumat (9/9).

Pemantau di Pasar Ciputat ini kondisinya masih stabil dan terbilang normal belum ada kenaikkan yang tajam terhadap sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti minyak goring, sayur mayor, kacang kedelai dan lainnya. Bahkan ada yang turun harganya seperti minyak curah dari sebelumnya Rp 13 ribu/Kg kini Rp 12 ribu/Kg, telor ayam dari Rp 24 ribu/kg menjadi Rp 20 ribu/Kg, gula pasir dari sebelumnya Rp 18 ribu/Kg kini Rp 16 ribu/Kg.

“Untuk daging harga masih bertahan sekitar Rp 120 ribu/Kg, beras Kw 1 Rp 9.800/Kg, KW 2 Rp 9.500/Kg dan KW 3 harganya Rp 8.000/Kg,” tuturnya yang menambahkan kenaikkan terhadap sejumlah kebutuhan pokok bukan karena tak ada stok tapi kebanyakan ulah oknum suplayer.

Sedangkan, beberapa pedagang di Pasar Ciputat, mengatakan kenaikkan harga kebutuhan pokok atau sayur mayor seperti cabe merah dan bawang terjadi sejak dua minggu yang lalu.

“Sudah dua minggu ini naik, untuk cabe merah dan bawang merah,” kata Ny. Ujang, pedagang sayuran yang menambahkan untuk harga tomat dan cabe kriting merah mengalami penurunan.

Tak hanya sayuran tapi harga daging ayam juga satu minggu belakangan naik tapi kebanyakan pedagang tak mengetahui penyebab kenaikkan harga tersebut walaupun tak terlalu besar, kata Umar, pedagang ayam potong yang biasa menjual sekitar 350 ekor ayam potong. (anton/win)