Sunday, 18 November 2018

Pantia Daging Kurban Keracunan Nasi Uduk

Senin, 12 September 2016 — 21:33 WIB
Ilustrasi keracunan.

Ilustrasi keracunan.

BOGOR (Pos Kota) – Enam belas warga Tanah Sareal Kota Bogor, Jawa Barat keracunan usai menyantap hidangan yang disiapkan panitia daging kurban untuk memperingati Idul Adha.

Warga Perumahan Bukit Cimanggu City, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, yang keracunan Senin (12/9), dibawa ke. RS Islam Bogor untuk pertolongan medis.

Dugaan sementara, belasan warga keracunan akibat dari minum lemon tea, nasi uduk berisi telur, sambal, dan bihun yang disajikan panitia. Menu yang disediakan panitia, disantap sebelum pemotongan kambing.

Info yang diperoleh, sebelum pemotongan hewan kurban, panitia makan bersama. Hidangan yang disajikan adalah nasi uduk lengkap dengan lauknya.

“Jadi mereka makan nasi uduk ada sambal dan minuman baru memotong hewan. Baru dua ekor sapi disembelih, tiba-tiba perut mereka terasa mual dan mulas,”kata AKP Manulang, Kanit Reskrim Polsek Tanah Sareal.

Nasi uduk yang disantap, merupakan pemberian ketua RW yang ia beli dari pedagang tak jauh dari rumahnya.

“Keterangan warga, pemotongan hewan akhirnya tertunda, karena yang bertugas potong bolak balik kamar kecil,”paparnya.

Safei, Lurah Kencana yang dikonfirmasi mengatakan, dari enam belas warganya yang keracunan, lima sudah diperbolehkan pulang.

“Ada ibu-ibu juga yang keracunan. Salah satunya istri ketua RW yang menyediakan nasi uduk yakni iu Eni Rinawati. Sedang diselidiki polisi,”paparnya. (yopi)