Monday, 24 September 2018

Ahok Didemo Forum RT-RW Ini Kata Taufik

Jumat, 16 September 2016 — 19:42 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik

JAKARTA (Pos Kota) – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik mengapresiasi aksi unjuk rasa yang dilakukan forum RT/RW di depan Gedung DPRD DKI Jakara, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (16/9/2016) sore. Dia berjanji untuk membahas tuntutan yang disampaikan pendemo dalam forum rapat pimpinan anggota legislatif.

“Saya kira harus kita apresiasi ya bahwa dia menyalurkan aspirasi pada lembaga yang tepat ketimbang di tempat-tempat lain atau di jalan-jalan. DPRD setiap ada orang atau kelompok masyarakat berdemonstrasi menyampaikan aspirasi ya wajib terima,” ujarnya, setelah menemui para pendemo.

Menurut Taufik, tuntutan yang disampaikan demonstran merupakan aspirasi yang mesti ditindaklanjuti. Dia pun berharap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersedia memperhatikan masalah yang dihadapi a pendemo tersebut.

“Kita akan bawa pada forum rapat pimpinan. Karena ini ada aspirasi. Harus kita terima. Ini harus kita sampaikan dalam rapim. Mana yang perlu kita tindaklanjuti, mana yang hanya perlu kita sampaikan ke eksekutif. Atau kita membuat surat rekomendasi untuk disampaikan ke eksekutif,” imbuhnya.

Dalam aksinya, seratusan ketua RT dan RW se-DKI Jakarta menuntut penghapusan kebijakan Ahok. Khususnya terkait kewajiban RT/RW melapor melalui aplikasi Qlue.

“Kita sudah sampaikan alasan menolak Qlue, karena sifatnya arogan, memaksakan. Tidak mengajak dialog dahulu. Dan ternyata program Qlue milik swasta, bukan milik pemprov. Artinya yang kami tangkap, ini memperkaya pihak swasta dan tidak transparan,” kata Lukman Hakim, salah satu perwakilan demonstran.

Tak hanya itu mereka pun mendesak Ahok supaya menghargai kelembagaan RT/RW yang selama ini dipandang negatif oleh orang nomor satu di Ibukota.

“Kami tidak butuh belas kasihan dari Gubernur, tapi kami minta kelembagaan kami dihargai. Karena kami sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat,” kata Effendi, perwakilan demonstran lainnya.

Usai berunjuk rasa, mereka diterima oleh pimpinan DPRD. Selain Taufik, ada juga Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, dan Wakil Ketua DPRD DKI, Abraham Lunggana (Lulung), dan Anggota DPRD DKI Fraksi Gerindra, Syarif. (julian)