Tuesday, 18 September 2018

Pengiriman Shabu dan Ganja Digagalkan BNN Semarang

Jumat, 16 September 2016 — 16:46 WIB
Brigjen Pol Tri Agus Heru ( kemeja putih ) saat Gelar Perkara.

Brigjen Pol Tri Agus Heru ( kemeja putih ) saat Gelar Perkara.

SEMARANG ( Pos Kota ) – Paket kiriman narkotika jenis shabu dan ganja dibongkar aparat BNNP Jawa Tengah . Seorang tersangka ditangkap saat mengambil kiriman barang terlarang tersebut lewat jasa pengiriman paket .

Kepala BNNP Jateng , Brigjen Pol Tri Agus Heru saat gelar perkara di Semarang , Jum’at (16/9) mengatakan, shabu dan ganja tersebut dikirim oleh pelaku dari Medan menggunakan jasa penitipan paket . Tersangka Muhamad Zaenal , warga Kabupaten Kendal ditangkap saat mengambil kiriman narkotika sabu 12 gram dan ganja seberat 7 gram di kantor jasa pengiriman paket di kawasan Kaligawe , Semarang , Rabu(14/9) lalu .

Disebutkan, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi masyarakat . Awalnya tim intelijen BNNP Jateng menerima informasi akan ada kiriman paket paket narkotika yang dikirim dari Medan melalui jasa ekspedisi menggunakan kendaraan bus pada tanggal 13 September 2016 . “Informasi itu kami dalami dan koordinasi dengan jasa pengiriman barang,” ungkap Tri Agus heru .

Keesokan harinya, paket kiriman tersebut sudah tiba di Kota Semarang tepatnya di kantor jasa pengiriman barang di daerah Kaligawe. “Begitu paketnya tiba, kami sudah bekerja sama dengan jasa pengiriman untuk memantau orang yang akan mengambil paket itu,” katanya.

Tak beberapa lama, datanglah Muhamad Zainal mengambil paket tersebut. Petugas pun mengikiti Zainal dan menangkapnya setelah meninggalkan kantor jasa pengiriman.
Kepada petugas tersangka mengaku barang tersebut akan digunakan sendiri, tetapi petugas akan tetap mengejar pemasoknya . Petugas mencurigai bahwa pemasok narkoba ke tersangka berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Pengungkapan kasus ini merupakan bagian dari Operasi Interdiksi Terpadu tahun 2016 yang sedang berlangsung dari September hingga November 2016. BNNP Jateng menggandeng instansi terkait seperti Polri, Bea Cukai, Imigrasi, Angkasa Pura, Pelindo, Balai Karantina, BPOM, Kantor Pos, dan Asosiasi Jasa Pengiriman Paket dan Kilat. ( Suatmadji ) .