Sunday, 18 August 2019

Ini Alasan PDIP Usung Ahok-Djarot di Pilkada 2017

Selasa, 20 September 2016 — 21:29 WIB
Ahok-Djarot

Ahok-Djarot

JAKARTA (Pos Kota) – PDI Perjuangan remi menunjuk pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful HIdayat sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2017. Ada empat alasan di balik penetapan kedua nama ini.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan penetapan pasangan petahana itu tak lepas dari empat pertimbangan.

Alasan pertama adalah Ahok sebelumnya diusung PDIP bersama Jokowi dalam Pilkada 2012. Kondisi ini membuat PDIP berhatap Ahok bisa meneruskan tugas yang telah diusung pasangan ini sebelumnya.

Kedua, berdasarkan ideologi, keduanya berkomitmen menjalankan trisaksi, mengamalkan Pancasila, mengusung persatuan Indonesia dan keadilan sosial bagi rakyat Indoensia.

Alasan ketiga, Ahok-Djarot dianggap bersinergi dan dapat melanjutkan nawacita yang diusung partai.

Keempat, pasangan ini dinilai bisa meneruskan Jakarta Baru seperti yang sebelumnya diusung Jokowi. Selain itu, partai melihat survay menunjukkan adanya kepuasan pada kinerja Ahok dalam setahun belakangan.

“Atas pertimbangan itu, PDIP menyatu untuk mengamankan kemenangan pasangan Ahok-Djarot pada Pilkada 2017,” ujar Hasto. (ikbal/yp)