Monday, 10 December 2018

Lucita Meilana Mantan Pembantu Lulusan Terbaik IPB

Rabu, 21 September 2016 — 19:18 WIB
Lucita Meilana

Lucita Meilana

KISAH bahagia datang dari Lucita Meilana, wisudawan Institut Pertanian Bogor (IPB) calon peraih double degree atau dua gelar sarjana. Ia berhasil meraih gelar master (IPK 3,91) dari IPB dan tahun depan gelar master juga akan ia dapatkan dari Xiamen University Cina.

Mulai menempuh pendidikan di IPB tahun 2010 berkat program Bidikmisi, Lucita mendapatkan kesempatan untuk langsung melanjutkan studi S2 melalui program fastract. Setelah dinyatakan lulus program magister IPB, Lucita mendapatkan beasiswa S2 dari Xiamen University China.

Prestasi ini diraih Lucita dengan penuh perjuangan. Untuk memenuhi kebutuhannya selama Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), Lucita sempat menjadi asisten rumah tangga (AST) alias pembantu rumah tangga, bahkan menjadi tukang masak untuk pekerja kebun (50 orang) pun pernah ia lakukan.

Ingatan yang selalu terekam kuat tentu saja adalah rumahnya yang kecil berukuran 5×5 m yang ia sebut sebagai istana. Ketika hujan disertai angin kencang datang, rumah yang beratapkan alang-alang dan dinding yang terbuat dari anyaman bambu yang sudah usang ini bahkan sempat roboh karena tak kuat menahannya.

“Saya dan kakak saya selalu dimasukkan ke kotak besar yang terbuat dari kayu saat hujan (grobok bahasa jawanya) sedangkan ayah dan ibu saya berlindung di balik papan agar tidak terkena air hujan. Di rumah inilah saya tumbuh dan dibesarkan,” ceritanya.

Sungguh ia tak pernah bermimpi, gadis desa dari Pematang Tahalo ini akhirnya bisa menjejak kaki di China dan Jepang. Mematahkan dugaan orang-orang yang dulu menghina dan mencaci orangtuanya.

Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali mempersembahkan lulusannya sebagai sumberdaya manusia yang berkualitas dan siap membangun sektor pertanian dalam arti luas, dalam sidang terbuka dengan acara tunggal Wisuda dan Penyerahan Ijazah Tahap I Tahun Akademik 2016/2017, Rabu (21/9), di Graha Widya Wisuda (GWW) kampus IPB Darmaga Bogor. (Baca: Gadis Berkerudung dari Kamboja Lulus Sarjana dari IPB)

IPB menyerahkan ijazah kepada 750 orang lulusan, yang terdiri dari 28 lulusan bergelar doktor, 149 lulusan bergelar magister sains, 17 lulusan bergelar magister manajemen, 13 lulusan bergelar magister profesional, 20 lulusan bergelar profesi dokter hewan, dan 523 lulusan bergelar sarjana. Lulusan sarjana yang diwisuda pada tahap ini berasal dari seluruh fakultas di lingkungan IPB.

Rektor IPB, Prof.Dr. Herry Suhardiyanto menyampaikan selamat kepada lulusan atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan. Selanjutnya rektor menyampaikan bahwa ke depan akan banyak tantangan di tengah masyarakat yang harus dihadapi, salah satunya adalah pangan.(yopi)