Saturday, 17 November 2018

Mundur dari TNI, Agus Yudhoyono Tak Dapat Uang Pensiun

Jumat, 23 September 2016 — 19:57 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono

JAKARTA (Pos Kota) – Majunya Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon Gubernur DKI, menghentikan karirnya di militer. Masa tugasnya yang baru mencapai 16 tahun, membuat anak pertama Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tak akan mendapatkan uang pensiun.

Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantiyo, mengatakan, mengunduran diri yang dilakukan Mayor Agus Harimurti membuat ia tak akan mendapatkan uang pensiun. “Sesuai undang-undang, nantinya Mayor Agus tak akan mendapatkan uang pensiun,” katanya, Jumat (23/9/2016).

Dikatakan Gatot, hal tersebut karena mengacu mekanisme di TNI yang ada saat ini. Pasalnya, di TNI itu ada dua tingkatan ikatan dinas yang berlaku selama 10 tahun setiap tingkatannya. “Namun karena ikatan dinas ditingkat kedua belum tercapai dan yang bersangkutan mengundurkan diri, jadi tak dapat pensiun,” ujarnya.

Jendral Gatot juga menyebut, masa dinas yang dijalani Mayor Agus selama 16 tahun, maka pengunduran diri yang dimintanya dikabulkan. Terlebih, pengunduran diri yang dilakukannya itu juga merupakan keinginan pribadi. “Jadi kami tidak bisa menolaknya. Surat permohonannya juga sudah diterima KSAD,” ungkapnya.

Pengunduran Mayor Agus Harimurti, setelah tim koalisi Cikeas menunjuk dirinya sebagai calon gubernur penantang Ahok. Dengan didampingi Silviana Murni, keduanya diharapkan bisa menjadikan Jakarta untuk dikembalikan ke warga bukan ke konglomerat. (ifand)