Friday, 21 September 2018

12 Karyawan Toko Curi Barang Elektronik Lalu Dilelang

Senin, 26 September 2016 — 18:44 WIB
Belasan tersangka yang ditangkap Polres Way Kanan Lampung termasuk 12 pembobol toko

Belasan tersangka yang ditangkap Polres Way Kanan Lampung termasuk 12 pembobol toko

LAMPUNG (Pos Kota) – Mencuri barang-barang elektronik, 12 karyawan toko elektronik Sinar digulung petugas saat ‘melelang’ hasil curian itu di Pekon Tiuh Balak, Kecamatan Baradatu, Way Kanan, Lampung, Senin (26/9) sore.

Tersangka yang diamankan yakni, Eko Susanto ,29, Kiki Nirwanda ,22, Nur Adivan Chandi ,22, Safarudin ,40, Wahyu Nurmansyah ,24, Sadimun ,32, Rajandi Purba ,43, Jhon Piter Sinaga ,33, Sinar Darma Damanik ,26, Sanuri ,26, Abdul Aziz ,19, dan Rayandi Purba ,44, mereka warga Baradatu, Way Kanan, Lampung.

“Mereka telah dibawa petugas ke Mapolres Way Kanan untuk diperiksa,” kata Kapolres Way Kanan, AKBP. Yudi Candra.

Menurut Yudi Candra, penangkapan terhadap 12 karyawan tersebut awalnya dari laporan pemilik toko Yonatan Sitepu. Dalam laporannya, korban menerangkan jika barang-barang elektronik yang ada di tokonya raib digasak pencuri.

Pihaknya lalu melakukan penyelidikan. Hasinya, mengarah kepada 12 karyawan yang bekerja di toko korban. Setelah mengantongi identitasnya, petugas menggulung mereka saat melelang barang-barang elektronik hasil curian kepada warga.

“Modusnya, agar tidak dicurigai, tersangka melelang barang-barang elektronik dengan harga murah, karena toko di tempat mereka bekerja sedang cuci gudang,”jelasnya.

Dari 12 tersangka, diamankan barang bukti berupa, 15 unit kulkas, 12 unit mesin cuci, 6 unit televisi, dan 6 pasang salon speker aktif. Tidak hanya itu, petugas juga mengamankan 1 unit mobil yang diduga dibeli dari hasil penjualan barang-barang elektronik hasil curian. “Kasusnya, masih di dalami untuk mengetahui penadah,”ungkap Yudi Candra.

Akibat perbuatannya, tersangka bakal di jerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman selam 7 tahun penjara. (koesma)

  • Anand Bopak

    Tidak tau bersyukur dikasih kesempatan bekerja, kalau pelanggan yang ngasih tip sih tidak apa2