Sunday, 18 February 2018

Dua Box Girder Dipasang, Konstruksi JLNT Busway Tendean-Ciledug Rampung

Senin, 26 September 2016 — 8:31 WIB
Paket Taman Puring dari PT. HK merampungkan pengangkatan dua box girder terakhir pada bagian konstruksi JLNT Busway Tendean-Ciledug. (adji)

Paket Taman Puring dari PT. HK merampungkan pengangkatan dua box girder terakhir pada bagian konstruksi JLNT Busway Tendean-Ciledug. (adji)

JAKARTA (Pos Kota) – Dari 8 paket proyek pekerjaan Jalan Layang Non Tol (JLNT) Busway Tendean-Ciledug, satu diantaranya Paket Taman Puring dari PT. Hutama Karya pertama rampung selesaikan bagian konstruksi jembatan, setelah dua Box Girder atau alat penyangga jembatan terakhir dipasang.

Sisa tinggal 7 paket proyek yang bakal menyusul untuk pengaspalan JLNT Tendean-Ciledug tersebut berjarak 9,9 Km. Wakil Direksi Hutama Karya, Ari Hasmoko, menerangkan sampai detik ini pada proyek HK tidak ada gangguan satu apapun. Sehingga proyek ini selesai dan saat ini progres sudah 93 persen dan diselesaikan secara total pada akhir tahun 2016.

“Untuk Paket HK memiliki panjang sekitar 1,144 kilometer pada Paket Taman Puring. Penyelesaiannya diharapkan lebih cepat,” ucap Ari dilokasi pemasangan ‘Box Girder’ terakhir. Sementara itu Kadis Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faisal menuturkan bahwa pihaknya menutup box girder terakhir pada seksi Taman Puring bagian konstruksi.

“Penyelesaiannya lebih cepat dari 32 piere, 402 box dan 2 box ini terakhir diangkat,” tandasnya. Untuk kesulitan konstruksi, menurutnya, semua paket pasti sama saja namun dia tekankan jika pada setiap paket tidak ada kendala apapun.

Menurutnya, paket HK ini penting karena pada ramnya harus selesai dan paling tidak pertengahan Oktober 2016 selesai disusul dengan hotmik dan railing. Di sini (paket Taman Puring) ada posisi off rem, penting supaya pekerjaan dan finishing lainnya dapat masuk dan lebih cepat dikerjakan. Kemudian akan kita pasang ornamen Betawi warna kuning dan hijau.

Kemudian dibeberapa titik juga akan dipasang pohon sebagai penghijauan. “Di bawah sudah ditanami pohonan agar tetap terlihat hijau,” tambahnya. Jadi progress secara total 84 persen paket multiyears. Nanti pada dua box girder terakhir ini akan ada renggangan 40 cm. Dan ini akan di klousur. Dimana paket Taman Puring ini akan disediakan juga Halte. “Dan eskalator akan ada di Cipulir nanti,” tandasnya.

Secara fisik proyek jalan layang bus Transjakarta koridor XIII rute Ciledug – Blok M – Jl Tendean sudah terlihat naik secara keseluruhan. Pembangunan jalan layang sepanjang 9,9 kilometer dengan lebar 9 meter yang dibangun dua lajur tersebut akan dibagi menjadi delapan segmen.
Sementara itu Kabid Simpang dan Jalan Tak Sebidang, Dinas Binamarga DKI Jakarta, Heru Suwondo mengatakan dari 8 paket 1 sudah rampung bagian konstruksi. “Kami tinggal menunggu 7 paket lainnya. Lalu kami lakukan pengaspalan di atas jembatan,” paparnya.

PAPAN REKLAME

Menurutnya jika JLNT Busway Ciledug-Tendean sudah jadi, melihat tragedi JPO Pasar Minggu, dirinya tak akan menolak untuk pemasangan papan reklame atau bilboard di JLNT. “Kami lebih baik mencegah dari pada hal itu terjadi menimpa masyarakat,” katanya.

Pagu anggaran yang disiapkan untuk proyek ini sendiri sebesar Rp 2,5 triliun dengan pengerjaan secara multiyears atau tahun jamak.
(adji/sir)