Friday, 16 November 2018

Kapolri: Tingkatkan Pelayanan, Jangan Arogan kepada Masyarakat

Senin, 26 September 2016 — 23:08 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

JAKARTA (Pos Kota) – Pengarahan commander wish (harapan pimpinan) yang diberikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada 520 personil jajaran Polda Metro meminta pelayanan publik untuk ditingkatkan dan jangan arogan kepada masyarakat hingga melakukan kekerasan berlebihan.

“Polda Metro Jaya etalase Polri. Kinerja Polda Metro Jaya sangat mempengaruhi citra Polri di masyarakat. Jadi harus bekerja lebih baik memberikan pelayanan publik. Termasuk penegakan hukum harus profesional dan jangan arogan hingga menggunakan kekerasan berlebihan,” kata Titi, Senin (26/9).

Dikatakan, Polda Metro Jaya memiliki peranan penting terkait Citra Polri di masyarakat. Dan merupakan Baro meter Polda lain di Indonesia karena hampir 70-80 persen pemberitaan tentang kinerja Polri berasal dari prilaku anggota di Polda Metro Jaya.

“Kalau kinerjanya positif, perilakunya positif, dan dianggap kinerja Polri lainnya positif. Tapi sebaliknya kalau ada beritanya negatif, kinerjanya dilihat masyarakat tidak bagus, kultur perilakunya juga arogan,” ujarnya.

Tito juga mengkritisi ditingkat komandannya yang baik namun tidak sampai di tingkat bawahan dan tidak mengerti apa itu citra Polri.

“Saya minta semua yang hadir hari ini untuk menyampaikan ke seluruh jajaran sampai ke bagian bawah. Saya berharap kalau mereka bisa memperbaiki ini, kinerja Polri akan baik dan citra Polri akan baik juga,” pungkasnya.

Kapolri juga mengapresiasi keberhasilĀ  Polda Metro Jaya menangani kasus perampokan, seperti yang terjadi di Pondok Indah menangani penyanderaan tanpa korban. Namun masih banyak tantangan yang harus diselesaikan.

“Banyak prestasi pengungkapan kasus dilakukan Polda Metro Jaya, tapi juga banyak masalah kemacetan lalin yang bukan hanya tugas polisi, penanganan demo, penanganan potensi-potensi konflik, hingga kejahatan transnasional cyber,” tukasnya. (ilham/win)