Saturday, 26 May 2018

Guru Diminta Tahu Minat Siswa Untuk Memotivasi Kejar Prestasi

Kamis, 29 September 2016 — 10:25 WIB
Seluruh guru dan staf pengajar SMP N 13 Depok usai mengikuti penyuluhan dan motivasi guru. (anton)

Seluruh guru dan staf pengajar SMP N 13 Depok usai mengikuti penyuluhan dan motivasi guru. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Kepala sekolah (Kepsek), para guru dan staf pengajar hendaknya harus mengetahui serta memahami minat maupun bakat yang ada di anak didiknya untuk memotivasi mereka rajin belajar guna mengejar prestasi yang lebih tinggi.

“Minat dan bakat semua siswa seharusnya memang diketahui maupun dipahami seluruh guru dan staf pengajar karena dari sanalah langkah awal untuk memotivasi murid lebih kreatif serta rajin belajar,” kata Kepala Bidang Pendidikan dasar (Pendas) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Hj. Eneng Sugiarti didampingi Kepsek SMP Negeri 13 Depok, Hehen Hendra saat penjuluhan dan motivasi ke guru serta staf pengajar SMP N 13 Depok, Kamis (29/9).

Tanpa adanya pemahaman maupun mengetahui sejak awal keinginan serta minat siswa yang bersangkutan tentunya akan sulit mengajak mereka berkreatif serta rajin belajar. Sehingga wajar jika guru dan staf pengajar  sejak awal harus memiliki pengetahuan lebih berkaitan terhadap karakter siswa yang dihadapi satu persatu.

Menurut dia, pengetahuan yang lebih dari guru dan staf pengajar tentunya akan berdampak terhadap siswa yang bersangkutan untuk meniru maupun mencontoh hasil yang diperoleh selama ini terhadap guru dan staf pengajar yang diharapkan akan menjadi bekal siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sedangkan kepsek SMP N 13, Hehen Hendra, menambahkan guru dan staf pengajar yang ada harus dapat menyatukan visi dan misi sekolah disini agar semua program pendidikan serta belajar maupun mengajar berhasil dengan baik.

“Hasill kelulusan siswa yang setiap tahun dinilai cukup berhasil hendaknya dapat dipertahanakn serta ditingkatkan untuk kemajuan pendidikan di Kota Depok,” tuturnya. (anton/win)