Wednesday, 14 November 2018

Penanganan ‘Golden Time’ di Trauma Center Dibutuhkan

Kamis, 29 September 2016 — 14:22 WIB
sosialisasi

JAKARTA (Pos Kota) – Penanganan ‘Golden Time’ di trauma center sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mendapat musibah.

Karena itu dibutuhkan dukungan dari lembaga kesehatan seperti rumah sakit klinik ataupun puskesmas sebagai trauma center.

Untuk itu, Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan se Jakarta Utara melakukan pendandatanganan ikatan kerja sama (IKS) dengan puskesmas dan RSU Kecamatan setempat dan juga sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dan manfaat trauma center di Kantor Walikota Jakarta Utara .

“Manfaat adanya kerja sama ini adalah untuk memudahkan para pekerja mendapatkan pengobatan dan perawatan apabila mengalami kecelakaan kerja , karena kecelakaan tertinggi ada di kecelakaan lalu lintas pada saat pekerja berangkat atau pulang bekerja,” ujar Merry Triwisatawati Kepala Bagian Pelayanan Wilayah DKI Jakarta.

Kepada peserta dari empat rumah sakit umum kecamatan dan enam puskesmas kecamatan yang mewakili seluruh puskesmas kelurahan yang ada di wilayah Jakarta Utara, juga dijelaskan tentang pemannfaatan Rumah Sakit Trauma Center (RSTC) online.

RTSC adalah produk layanan BPJS Ketenagakerjaan yang dapat di akses secara Online di website www.bpjsketenagakerjaan.go.id, peserta dapat melihat daftar fasilitas kesehatan trauma center yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan se- Indonesia dan bermanfaat bagi provider Trauma Center untuk memeriksa keabsahan (eligibilitas) peserta yang akan dilayani.

“Peserta yang ingin mendapatkan pelayanan di Trauma Center cukup membawa kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan atau e-KTP,” jelasnya.

BPJS Ketenagakerjaan juga mengembangkan program Jaminan Kecelakaan Kerja Return to Work. “Pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dan mengalami disabilitas, maka BPJS Ketenagakerjaan akan mendampingi pekerja tersebut mulai dari perawatan di rumah sakit, rehabilitasi, pelatihan di Pusat Pelatihan Kerja Daerah bila diperlukan, sampai kembali bekerja,” tambah tambah drg. Elyasani Irwanti selaku Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Kelapa Gading.

Menurutnya, BPJS Ketenagakerjaan berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pekerja, sesuai dengan mottonya yaitu menjadi jembatan menuju kesejahteraan bagi para pekerja, maka dari itu diharapkan para pekerja terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

(tri/sir)