Monday, 19 November 2018

Tentara Korea Utara Mebelot ke Selatan

Kamis, 29 September 2016 — 21:11 WIB
Militer Korea Selatan memeriksa pagar kawat berduri yang memisahkan Korea Selatan dan Korea Utara (reuters)

Militer Korea Selatan memeriksa pagar kawat berduri yang memisahkan Korea Selatan dan Korea Utara (reuters)

KOREA SELATAN – Seorang tentara Korea Utara membelot ke Korea Selatan, Kamis (29/9), demikian menurut militer Korea Selatan. Tentara tersebut menyeberangi perbatasan kedua negara untuk mencapai negara tetangganya di selatan.

Tentara yang tidak disebut namanya menyeberangi garis demarkasi militer yang berada di zona demiliterisasi, zona yang memisahkan dua negara di semenanjung Korea.

Lebih dari 1.000 warga Korea Utara menyeberang ke Korea Selatan setiap tahunnya. Sebagian besar menyeberang melalui Tiongkok dan sangat jarang ada pembelot bisa menyeberang melewati zona demiliterisasi yang dijaga militer di kedua sisi dan penuh dengan ranjau darat.

Menurut militer Korea Selatan, tentara pembelot tidak terluka dan tidak ada tembakan yang dilepaskan. Tentara tersebut menyeberangi perbatasan di bagian timur sekitar jam 10 pagi dan ditangkap oleh militer Korea Selatan untuk ditanyai bagaimana dan mengapa dia menyeberang, demikian pernyataan kantor Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Bulan lalu, diplomat Korea Utara di Inggris membelot ke Selatan, memicu kemarahan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.(daus)