Monday, 19 November 2018

30 Ribu Benih Ikan Ditebar di Situ Cilodong

Jumat, 30 September 2016 — 7:59 WIB
Walikota Depok Muhammad Idris didamping Kepala DPP setempat Nunu saat menebar ikan di Situ Cilodong. (anton)

Walikota Depok Muhammad Idris didamping Kepala DPP setempat Nunu saat menebar ikan di Situ Cilodong. (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Sekitar 100 ribu benih ikan nila, tawes dan graskap bakal disebar di Situ Cilodong, Situ Gadog dan Situ Tipar sebagai salah satu langkah meletasrikan dan membudiadayakan keasrian resapan air di wilayah Kota Depok.

Masyarkat sekitar diajak untuk dapat merawat serta menjaga keasrian lahan resapan air atau situ yang ada sebagai salah satu kantong air dan tempat rekreasi keluarga serta olah raga.

“Kami berharap masyarakat juga peduli untuk menjaga lingkungan kawasan situ tetap bersih, asri dan indah serta tak membuang sampah sembarangan,” kata Walikota Depok Muhammad Idris didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DPP) setempat Nunu saat menebar 30 ribu bibit ikan di Situ Cilodong.

Keberadaan dan kondisi situ merupakan salah satu aset yang berharga bagi seluruh lapisan masyarakat selain identik sebagai daerah penyangga Ibukota DKI Jakarta juga tentunya lahan resapan air ini menjadi salah satu kantong air yang harus dipertahankan untuk kebutuhan masyarkat banyak.

Menurut Muhammad Idris, selain upaya melestarikan keberadaan situ penyebaran bibit atau benih ikan jenis nila, tawes dan graskap merupakan salah satu pelestarian alam dan ekosistem kawasan resapan air.

Melihat kondisi situ yang ada di Depok baik Situ Cilodong, Gadog, Tipar maupun Lio tentunya tak hanya dapat dijadikan sumber pendapat nelayan ikan air tawar saja tapi juga dapat dijadikan sarana pariwisata, olahraga dan bersantai keluarga khususnya masyarakat Kota Depok. “Jadi perlu dijaga, dirawat dan dipelihara termasuk tak membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Ditambahkan Kepala DPP setempat Nunu, bahwa penebaran benih ikan air tawar sebetulnya akan dilakukan di tiga situ yaitu Situ Cilodong, Gadog dan Tipar dengan jumlah bibit benih ikan air tawar mencapai 100 ribu ekor.

Sekarang baru 30 ribu ekor benih ikan air tawar saja yang disebar di Situ Cilodong untuk Situ Gadog dan Situ Tipar akan dilakukan mendatang. Jumlah total 100 ribu bibit benih ikan berasal dari Pemkot Depok 30 ribu ekor dan 70 ribu ekor dari Propinsi Jawa Barat, katanya.

(anton/sir)