Monday, 24 September 2018

Donald Trump Dinilai Kasar Pada Perempuan

Selasa, 4 Oktober 2016 — 21:04 WIB
Donald Trump dan keluarganya.

Donald Trump dan keluarganya.

AMERIKA– Kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trump dituduh sebagai seorang seksis oleh sejumlah mantan kontestan dan staf pada reality show terkenal, The Apprentice.

Menurut investigasi Associated Press, lebih dari 20 orang yang diwawancarai menyebut perilaku Trump terhadap perempuan sangatlah kasar dan tidak pantas.

Tim kampanye Trump menyangkal tuduhan-tuduhan itu.

Juru bicara Trump, Hope Hicks mengatakan tudingan-tudingan itu “ganjil, tidak berdasar dan sepenuhnya palsu.”

Trump dilanda berbagai tudingan selama seminggu terakhir, termasuk terkait kebugarannya.

Hari Minggu lalu, New York Times menerbitkan artikel yang menuduh bahwa Trump mungkin tidak membayar pajak pendapatan selama 20 tahun.

Mantan kontestan dan staf The Apprentice berkisah bagaimana Trump sering membicarakan ukuran payudara perempuan dan dengan siapa dia ingin berhubungan seks di lokasi pengambilan gambar.

Mantan produser The Apprentice, Katherine Walker mengatakan bahwa Trump sering berbicara tentang tubuh perempuan dan bercakap tentang kontestan perempuan mana yang menurutnya akan pandai bercinta di tempat tidur.

Delapan mantan anggota kru mengatakan bahwa Trump memberikan perhatian khusus kepada juru kamera perempuan yang menurutnya menarik. Katherine Walker mengatakan omongan Trump sering membuat juru kamera itu merasa tidak nyaman.

“Dia kira-kira mengatakan bahwa juru kamera itu cantik dan memiliki pantat yang bagus.”

Ada juga sejumlah kontestan acara itu yang mengatakan Trump tampak profesional. Tetapi seorang mantan anggota kru mengatakan, kamera merekam lontaran-lontaran cabul Trump, namun kemudian diedit dan tak muncul dalam acara yang diputar di televisi.

“Jika ada jeda saat rekaman, ia akan menatap salah seorang perempuan anggota tim, dan mengatakan ‘Kamu tampak ‘hot’ hari ini, saya suka gaun kamu,’ lalu ia beralih ke salah seorang laki-laki anggota tim dan bertanya, “Kamu tertarik untuk tidur dengan dia?’ dan kemudian semua orang akan tertawa.

“Ada sekitar 10 atau 12 kamera yang merekam, dan karenanya orang-orang seperti menganggap bahwa orang ini (Trump) sangat seenaknya.”

Anggota kru lain mengatakan bahwa Trump sering meminta kontestan laki-laki untuk menilai daya tarik rekan perempuan mereka. Sumber itu menyebut, suatu hari para peserta dan kru berkumpul untuk memutuskan sesuatu.

Di tengah diskusi, Trump disebut terdiam, lalu menunjuk seorang perempuan dan mengatakan ia ingin melakukan hubungan seks dengannya.

“Semua orang mencoba untuk membuatnya berhenti bicara, dan perempuan itu bagaikan menciut di kursinya,” kata sumber itu.

Menyangkal tuduhan, juru bicara tim kampanye Trump, Hope Hicks mengatakan: “Tuduhan yang ganjil, tidak berdasar dan sepenuhnya palsu yang dibuat oleh sejumlah bekas pegawai yang kecewa, lapar publikasi, oportunistik.”

Stasiun NBC yang menyiarkan The Apprentice, sebuah reality show yang menilai keterampilan bisnis para kontestan, menolak berkomentar.

Pekan lalu Alicia Machado, yang dinobatkan sebagai Miss Universe pada tahun 1996 menuduh Trump, mengejeknya sebagai Miss Piggy karena berat badannya naik.

Trump waktu itu adalah pemilik hak penyelenggaraan kontes kecantikan sejagat itu. (BBC)