Monday, 24 September 2018

Polda Jawa Barat Usut Penyebab Banjir Bandang Garut

Selasa, 4 Oktober 2016 — 20:53 WIB
Presiden Joko Widodo disambut masyarakat saat meninjau lokasi banjir bandang yang terjadi di Garut, Kamis (29/9).  (ist)

Presiden Joko Widodo disambut masyarakat saat meninjau lokasi banjir bandang yang terjadi di Garut, Kamis (29/9). (ist)

BANDUNG (Pos Kota) – Setelah menurunkan timsus, Polda Jabar menduga kuat banjir bandang yang melanda Garut akibat kerusakan hutan di bagian hulu. Bahkan, wisata Kawah Darajat merupakan salah satu penyebab munculnya banjir.

“Kami akan segera memanggil saksi,“ kata Wadir Reskrimsus Polda Jabar AKBP Diki Budiman, Selasa (3/10).

Ia melanjutkan, beberapa hari setelah banjir bandang timsus dari Direktorat Kriminal Khusus Polda Jabar diturunkan untuk melakukan penyelidikan.

Hasil sementara, lanjutnya banjir diduga kuat adanya hutan gundul di bagian hulu di daerah Samarang. Penyebab lain lahan di dekat sungai sudah dijadikan lahan pertanian, termasuk adanya kelalaian dalam pemeliharaan sungai Cimanuk. “ Dalam waktu dekat semua instansi terkait dalam kasus ini akan dipanggil untuk dikonfirmasi,“ jelasnya.

Diki tak menampik penyidik akan memanggil sejumlah pejabat di lingkungan Pemda Garut, Perhutani, Balai Besar Sungai Cimanuk serta pengelola objek wisata Drajat.

Diberitakan, beberapa hari lalu Garut diubrak abriuk banjir bandang. Ratusan rumah habncur, 24 warga tewas, dan 19 warga hingga kini hilang. (Dono)