Tuesday, 17 September 2019

Dengan Anggaran Rp291 Miliar, Waduk Sunter Makin Cantik

Rabu, 5 Oktober 2016 — 12:21 WIB
Kepala Dinas PU Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendarwan.

Kepala Dinas PU Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendarwan.

JAKARTA (Pos Kota) – Penampilan Waduk Sunter Selatan di Jalan Danau Sunter, Tanjung Priok, kini semakin cantik. Pasalnya, waduk seluas 33 hektar itu kini sudah hampir rampung diperbaiki oleh Dinas PU Tata Air DKI Jakarta dengan alokasi anggaran sebesar Rp 291 miliar.

Sejumlah warga di kawasan tersebut merasa sangat bersyukur atas kepedulian Pemprov DKI mengeruk lumpur dan membuat tanggul waduk tersebut. “Alhamdulillah, sebelumnya air waduk sering meluber ke permukiman. Kini setelah ditanggul, permukiman kami sudah bebas dari banjir. Selain itu, kondisi waduk makin enak dipandang dan airnya tidak lagi menebar bau busuk,” ujar M. Nasrullah, pengurus RW 08 Kel. Sunter Agung, Tanjung Priok, Rabu (10/9).

Nasrullah dan sejumlah warga lainnya mengharapkan agar di lokasi waduk juga dibangun fasilitas sarana olahraga maupun pemancingan. “Alangkah indahnya kalau, dibangun fasilitas pemancingan sebagaimana diharapkan banyak warga,” timpal Surbakti, warga Kel. Sunter Jaya.

Secara terpisah, Kepala Dinas PU Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendarwan menjelaskan saat ini pihaknya sedang merevitalisasi Waduk Sunter Selatan. Pekerjaan yang dilakukan meliputi mengeruk lumpur untuk memperdalam waduk dan memasang sheet pile di sekeliling waduk seluas 33 hektar.

“Kegiatan ini merupakan proyek Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) Paket 4 dengan alokasi anggaran APBD DKI 2016 sebesar Rp 291 miliar,” jelas Teguh.

Menurutnya, pekerjaan tersebut sudah mencapai sekitar 70 persen. “Kita terus kerja ngebut, karena proyek tersebut harus kelar tahun ini juga,” kata Teguh. Jika pembuatan tanggul sudah tuntas, maka akan sangat efektif mengurangi kerawanan banjir di wilayah Sunter dan sekitarnya. (Joko/win)