Friday, 20 September 2019

Hadapi Italia, Spanyol Bawa Misi Dendam

Rabu, 5 Oktober 2016 — 23:19 WIB
Giampero Ventura akan jamu Spanyol (reuters)

Giampero Ventura akan jamu Spanyol (reuters)

ITALIA – Bek Italia, Leonardo Bonucci, yakin Spanyol ingin membalas dendam atas kekalahan mereka di Piala Eropa 2016 saat kedua tim bertemu di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 di Turin, Jumat (7/10) dinihari WIB.

Italia akan menjamu Spanyol di Juventus Stadium, laga pertama sejak kekalahan Spanyol 2-0 di babak 16 besar yang membuat La Roja gagal meraih gelar juara Piala Eropa tiga kali berturut-turut.

Pasca turnamen terbesar Eropa, kedua tim telah berganti pelatih. Antonio Conte mundur dari timnas Italia dan digantikan Giampero Ventura sedangkan Spanyol menunjuk Julen Lopetegui sebagai pengganti Vicente del Bosque.

Di laga pembuka Grup G, Italia menaklukkan Israel dengan skor 3-1 sedangkan Spanyol meraih kemenangan besar 8-0 atas Liechtenstein.

Di laga kedua ini, Ventura mendapat tekanan besar untuk mengulang kesuksesan Conte menaklukkan Spanyol yang menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012.

Menurut Bonucci, Spanyol sekarang berbeda dengan Spanyol yang dihadapi di Piala Eropa.

“Mereka mempunyai motivasi baru, mereka memiliki tekad baru dan ingin membalas kekalahan Piala Eropa 2016,” kata Bonucci.

Ventura yang dikalahkan 1-3 oleh Prancis di laga pertamanya sebagai pelatih, mengakui Spanyol bukan lawan yang enteng.

“Mereka lawan yang paling berat di grup,” kata pelatih 68 tahun. “Sejak Lopetegui mengambil alih, mereka mengubah cara bermain dan strategi permainan. Dia telah membuat mereka bersemangat dan lebih memiliki tekad.”

Keinginan membalas dendam kekalahan juga diakui gelandang Spanyol yang bermain di Barcelona, Sergio Busquets.

“Di Piala Eropa kami melakukan beberapa kesalahan, tapi kini saatnya membalas kesalahan tersebut,” kata Busquets. “Kualifikasi Piala Dunia menjadi taruhannya.”

Walaupun dendam memberikan semangat tambahan, namun Lopetegui sadar tidaklah mudah menaklukkan Italia.

“Kemampuan individu pemain mereka berkualitas, selain kekompakan sebagai tim berkat pengalaman bertahun-tahun,” kata Lopetegui.(daus)