Sunday, 18 November 2018

Kemenkes Terus Promosikan Gaya Hidup Sehat

Rabu, 5 Oktober 2016 — 7:50 WIB
Temu media promosi kesehatan yang melibatkan kaum perempuan Kowani. (ist)

Temu media promosi kesehatan yang melibatkan kaum perempuan Kowani. (ist)

JAKARTA (Pos Kota)- Gandeng Kowani, Kementerian Kesehatan terus lakukan promosi gaya hidup sehat. Sasaran promosi gaya hidup sehat kali ini lebih fokus kepada keluarga.

“Keluarga menjadi kunci penting untuk mempromosikan hidup sehat ditengah masyarakat,” kata dr Dedi Kuswendi Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes di sela temu media Selasa (4/10).

Menurut Dedi, Kowani sebagai organisasi federasi yang menaungi puluhan organisasi wanita di Indonesia, amat strategis fungsinya ditengah masyarakat. Karena itu promosi kesehatan akan jauh lebih mudah dilakukan melalui kaum ibu anggota Kowani ini.

Diakui, gaya hidup sehat ini perlu terus dipromosikan mengingat saat ini telah terjadi pergeseran pola penyakit di tengah masyarakat. Jika tahun 1970-an pola penyakitnya adalah penyakit menular, tetapi sekarang penyakit tidak menular menduduki prevalensi tertinggi dengan angka kematian yang tinggi pula.

Padahal lanjut Dedi, penyakit tidak menular ini bisa dicegah. Kuncinya adalah gaya hidup sehat masyarakat. Misal konsumsi sayur dan buah dalam jumlah cukup, beraktivitas olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, tidak merokok dan hindari stress.

Ketua umum Kowani Giwo Rubianto mengatakan kaum perempuan bisa menjadi kunci dari perubahan perilaku dan pola hidup masyarakat dari yang tidak sehat menjadi sehat. Karena dalam beberapa aktivitas harian, perempuan banyak mengambil peranan.

“Misal saja saat menyiapkan makanan untuk keluarga, tentu peran perempuan sangat besar untuk memilih makanan yang sehat,” katanya.

Pun pada kegiatan-kegiatan lainya. Itu sebabnya sangat tepat jika promosi kesehatan dilakukan melalui keberadaan kaum perempuan.

Kowani sendiri memiliki anggota lebih dari 52 juta perempuan di seluruh Indonesia. Sudah sejak lama Kowani mengambil peran aktif dalam hal promosi kesehatan ini. Tetapi peran tersebut akan semakin dipertajam dengan berbagai cara dan ragam kegiatan. (faisal)