Tuesday, 25 September 2018

Lima Tewas di Haiti, Badai Matthew Menuju Florida

Kamis, 6 Oktober 2016 — 15:36 WIB
Pejabat Haiti mengatakan mereka belum mengetahui secara rinci kerusakan akibat badai tersebut.

Pejabat Haiti mengatakan mereka belum mengetahui secara rinci kerusakan akibat badai tersebut.

HAITI- Petugas penyelamat di Haiti tengah berusaha menembus wilayah yang terputus akibat badai Matthew yang menghantam sebagian wilayah negara itu.

Kerusakan akibat badai Matthew mengakibatkan Pemilihan Presiden Haiti, yang akan digelar pada akhir pekan ini, ditunda, kata pejabat setempat.

Ribuan orang telah diungsikan dan sedikitnya lima orang tewas di negara itu.

Sementara, negara bagian Florida, Amerika Serikat, menguatkan kemungkinan badai itu akan menghantam pesisir timur AS akhir pekan ini.

Florida, Carolina Selatan, dan sebagian Carolina Utara telah mendeklarasikan kondisi darurat.

Saat ini badai berada di atas wilayah Bahama, dan semua lalu litas udara dan laut telah dihentikan. Sementara, warga diminta untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Haiti adalah salah satu negara termiskin di dunia, dan sebagian besar dari 11 juta warganya tinggal di wilayah rawan banjir dan dalam rumah yang rapuh.

Badai Matthew diperkirakan akan membawa curah hujan 102cm ke beberapa wilayah seiring bergerak ke utara dengan kecepatan 15km/jam.

Pejabat Haiti mengatakan mereka belum mengetahui secara rinci kerusakan akibat badai tersebut, terutama di wilayah Grand Anse di ujung selatan, yang terdampak langsung badai tersebut.

Di wilayah itu, sebuah jembatan utama dan jalan utamanya rusak parah, sementara akses telepon mati total, kata para pejabat.

Mourad Wahba, Perwakilan khusus PBB untuk Haiti, mengatakan sedikitnya 10.000 orang telah mengungsi di tempat penampungan dan rumah sakit.

Sementara, “banyak rumah yang rusak akibat badai,” kata Menteri Dalam Negeri Haiti, Francois Anick Yusuf. “Banyak rumah kehilangan atap, dan lainnya hancur total.”

AS antisipasi badai Matthew

Di Kuba, puluhan rumah di wilayah timur kota Baracoa mengalami kerusakan.

Adapun Presiden AS Barack Obama telah memperingatkan bahwa badai akan menghantam sebagian wilayah negara itu dan meminta warganya mengikuti petunjuk pejabat terakit.

Gubernur Negara Bagian Florida, Rick Scott mengatakan bisa saja di wilayahnya akan dilakukan evakuasi dalam skala besar untuk menghadapi hal terburuk dari kedatangan badai.

Sementara, Gubernur Carolina Selatan, Nikki Haley mengatakan 250.000 orang akan diungsikan dari wilayah pesisir.

Badai Mathew adalah badai terkuat di wilayah Kepulauan Karibia sejak Badai Felix pada 2007.(BBC)