Sunday, 23 September 2018

Pasca Porak Porandakan Korsel, Topan Chaba Ancam Jepang

Kamis, 6 Oktober 2016 — 13:38 WIB
Topan Chaba hantam Busan, Korea Selatan. (reuters)

Topan Chaba hantam Busan, Korea Selatan. (reuters)

Korea Selatan – Angin topan Chaba menghantam kota Busan, Korea Selatan, dan menyebabkan empat orang tewas serta tiga orang hilang.

Kementerian Keamanan Korea Selatan menyatakan Pulau Jeju dan kota di barat daya termasuk Ulsan dan Busan,merupakan kota yang mengalami kerusakan terparah akibat topan Chaba.

Tidak hanya menghancurkan bangunan, badai yang disebut-sebut menyerupai tsunami tersebut juga menghancurkan industri dan pabrik di Busan.

Selain itu, akibat dahsyatnya hembusan angin yang mulai terjadi sejak Selasa (4/10/2016) hingga Rabu (5/10/2016), beberapa transportasi umum termasuk stasiun kereta, pelabuhan, bandara dan terminal bus ditutup. Sebanyak 120 penerbangan ditunda yang membuat ribuan penumpang terlantar.

Parahnya kerusakan, serta banyaknya warga yang mengungsi, membuat kementerian Keuangan Korea Selatan memutuskan untuk mengeluarkan dana darurat.

Bergerak ke Jepang

Setelah memporak porandakan Korsel, topan Chaba kini bergerak menuju Jepang. AFP melansir jika Peringatan dini pun sudah disampaikan kepada warga Jepang untuk bersiap menghadapi topan Chaba.

Berdasarkan perkiraan badan pemantau cuaca di Jepang, badai dengan kecepatan angin 180 kilometer per jam. bergerak ke arah utara dan timur laut Pulau Tsushima, salah satu wilayah Jepang yang berdekatan dengan Pulau Kyushu di selatan Jepang. (embun)