Saturday, 23 September 2017

BJ Cycling Gowes Sambil Berbagi untuk Sesama

Sabtu, 8 Oktober 2016 — 21:26 WIB
Anggota BJ Cycling sebelum start membagikan nasi bungkus sambil gowes. (chotim)

Anggota BJ Cycling sebelum start membagikan nasi bungkus sambil gowes. (chotim)

BEROLAHRAGA supaya sehat tidak cukup. Tetapi juga harus berbuat sesuatu bagi sesama.  Itulah yang dilakukan komunitas sepeda Masjid Baitul Jihad (BJ Cycling) di Kemang Pratama 2 Bekasi ini. Jadual rutin mereka adalah sepedaan, namun sering diselingi dengan membawa nasi bungkus. Bukan untuk dimakan sendiri tetapi untuk dibagi-bagi.

“Dan itu dibagikan kepada siapa pun yang butuh di jalanan saat gowes,” kata DR Harun Alrasyid, satu pengurus komunitas gowes, Sabtu (8/10).

Maka, setelah shalat subuh berjamaah di masjid, kemudian berkumpul. Sambil mewadahi hobi jamaah, mereka membagikan sekitar 200 bungkus setiap kali jalan.

Saat ini, ada 50 anggota BJ Cycling yang pernah membantu masjid usai terbakar, atau kegiatan sosial lain. Untuk kegiatan yang seraing dilakukan adalah menyiapkan bantuan nasbung atau nasi bungkus untuk dibagikan kepada pemulung, satpam, tukang bangunan dan lainnya yang ketemu di jalanan.

“Kegiatannya, selain gowes bareng setiap sabtu minggu, juga sering diselengi dengan kegiatan gowes sambil membagikan nasbung untuk sesama,” katanya.

Harun menyebutkan jika kegiatan lain seperti taklim atau juga kegiatan olahraga juga masih banyak dilakukan di masjid BJ. Hal ini sebagai wujud kebersamaan dan ukhuwah jamaah. (chotim)