Monday, 27 May 2019

Tanggul Penahan di Sejumlah Pulau di Kepulauan Seribu Rawan Ambrol

Sabtu, 8 Oktober 2016 — 10:49 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

PULAU SERIBU (Pos Kota) – Tanggul penahan ombak di sejumlah pulau yang menjadi pemukiman di Kepulauan Seribu diperbaiki. Perbaikan itu dilakukan, seperti di Pulau Lancang, Pulau Untung Jawa, Pulau Panggang dan Pulau Pramuka. Ini dilakukan selain rawan ambrol juga sudah mulai rusak akibat termakan usia.

“Sejak Minggu  kita tengah perbaikan tanggul pantai di Pulau Pemukiman. Dengan menggunakan beronjong dan material seperti batu kali. Diharapkan dengan cara ini pulau tidak akan abrasi,” kata Mustajab, Kasudin Tata Air Kepulauan Seribu, Air Kepulauan Seribu,  (0710).

Menurut  Mustajab, perbaikan tanggul di Pulau Pemukiman bervariasi panjangnya, tergantung luasnya pulau tersebut. Dari mulai 1000 meter hingga lebih, tergantung kebutuhan makanya dengan perbaikan ini kedepan wilayah tidak terkena abrasi akibat tidak ada tanggulnya.

“Agar bisa memecah  ombak laut dan tidak membaut abrasi pantai. Karena Kepulauan Seribu mayoritas itu pantai dan merupakan wisata bahari,” tandasnya.

Sementara itu Saiful,34, salah seorang warga Pulau Panggang mengaku sangat mendukung program pembuatan tanggul. Menurutnya selama ini memang tidak ada tanggul warga was-was karena takut abrasi. “Mudah-mudahan dengan cara ini kedepan wilayah aman dari abrasi,” terang Saiful. (Wandi/win)