Tuesday, 16 July 2019

Menurut Pengendara Tarif Parkir Naik, Pengelola Bilang Malah Turun

Selasa, 11 Oktober 2016 — 0:27 WIB
Salah satu pintu masuk kawasan parkir Ruko Golden Road dan Malibu di kawasan Serpong. (anton)

Salah satu pintu masuk kawasan parkir Ruko Golden Road dan Malibu di kawasan Serpong. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Pengendara keberatan dengan tarif parkir yang mencapai Rp 15 untuk mobil dan Rp 5 ribu untuk motor di tempat parkir yang dikelola PT Pan Satria Sakti (PSS) di kawasan Ruko Golden Road dan Malibu, Serpong, dinilai terlalu mahal.

“Jelas terlalu mahal ,” kata Ny. Tuti, warga Serpong Senin (10/10).

Ibu dua anak ini , mengaku dirinya parkir di sekitar Ruko Golden Road karena ada urusan ke Jakarta sehingga menitipkan mobilnya di lokasi parkir itu karena ada keperluan ke Jakarta . Namun, hari ini cukup kaget karena harus bayar Rp 15000 padahal dari Pk. 09:30 hingga Pk. 16:00.

Biasanya, tambah dia, hanya membayar sekitar Rp 5000 . “Wah tolong dilihat lagi tarif yang betul karena sangat berat bagi warga yang hidup pas-pasan saja,” tuturnya.

Manajer area parkir Ruko Golden Road dan Malibu PT PSS, Relyohan, mengakui adanya kenaikan tarif parkir dengan tarif proggresif yang dihitung perjam Rp 1000/motor dan maksimal Rp 5000/hari untuk mobil Rp 2000/jam dan maksimal Rp 15 ribu/hari.

“Kami tidak menaikkan tarif malah ada penuruanan. Kebijakan ini per 6 Oktober kemarin dengan hitungan per jam. Penerapan sebelumnya sistem flat selama 1 Agustus lalu,” katanya .

Landasan perubahan dilakukan sesuai aturan yang ada di Kota Tansgel , tuturnya yang mengatakanpengelolaan dua lokasi parkir di kawsan itu disatukan sehingga ada enam pintu pos bayar dan enam pintu masuk untuk mempermudah masyarakat yang ingin parkir.

Harga sewa lahan fasos dan fasum sesuai dengan izin penyelenggaraan tempat parkir No. 551.21/124/ANGK dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Tangsel untuk ruko Golden Road Rp 25.175.201 dan ruko Malibu Rp 25.429.280 diluar bayar retribusi sekitar 25 persen dari pendatapan retribusi parkir.

Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel, Sukanta, membantah ada kenaikkan tariff parkir karena tariff parkir masih standart sesuai Perwal No. 3 tahun 2013 tentang tarif parkir. “Sampai saat ini belum ada kenaikan tarif parkir,” tuturnya. (anton)