Monday, 24 September 2018

Pogba, Pahlawan Kemenangan Prancis atas Belanda

Selasa, 11 Oktober 2016 — 3:45 WIB
Paul Pogba membuat Prancis unggul atas tuan rumah Belanda (reuters)

Paul Pogba membuat Prancis unggul atas tuan rumah Belanda (reuters)

BELANDA – Menjamu Prancis di Amsterdam ArenA, Belanda harus mengakui keunggulan tamunya 0-1 karena tidak bisa membalas gol yang diciptakan Paul Pogba, Selasa (11/10) dinihari WIB.

Gol tunggal pertandingan yang diciptakan gelandang 23 tahun di babak pertama ini membuat Belanda melorot ke peringkat tiga sedangkan Prancis masih bertahan di peringkat dua Grup A kualifikasi Piala Dunia 2018. Peringkat teratas grup direbut Swedia yang menaklukkan Bulgaria dengan skor 3-0.

Danny Blind tidak bisa menurunkan Wesley Sneijder karena cedera dan Davy Propper dipercaya sebagai pengganti gelandang serang yang telah 124 kali membela Belanda di berbagai kompetisi. Sedangkan Vincent Janssen masih dipercaya sebagai penyerang utama tim Orange dengan Quincy Promes dan Davy Klaassen membantu serangan dari sayap.

Sedangkan Prancis kehilangan Bacary Sagna yang mengalami cedera dan Didier Deschamps menungaskan Dijbril Sidibe untuk menggantikannya. Dua pemain Atletico Madrid, Kevin Gameiro dan Antoine Griezmann menjadi penyerang utama Prancis dengan Dimitri Payet dan Moussa Sissoko di sayap serangan.

Prancis lebih dahulu menekan tuan rumah dan menit ke-13, Gameiro yang tidak terkawal nyaris mencetak gol pertama pertandingan. Setelah mendapat bola dari Blaise Matuidi, Gameiro menggiring bola ke dekat kotak penalti Belanda sebelum mengirimkan sepakan kerasnya. Namun Maarten Stekelenburg yang menjaga gawang tuan rumah masih bisa meninju bola.

Namun Belanda bisa bertahan dari tekanan dan berbalik menyerang tamunya. Memphis Depay yang masuk menggantikan Promes di menit ke-16, mencoba mengirimkan umpan silang ke depan gawang Prancis. Namun sentuhan Virgil van Dijk terlalu lemah dan pertahanan Prancis bisa membuang bola.

Paul Pogba mengubah skor sementara di menit ke-30. Setelah mendapat bola dari Payet, pemain termahal di dunia ini mengirimkan sepakan keras dari jarak 27 meter. Stekelenburg bisa meraih bola namun tidak bisa mencegah bola menggetarkan gawangnya.

Di babak kedua, Belanda langsung mengejar gol balasan. Janssen yang berhasil mengalahkan Raphael varane di menit ke-48, mencoba menembak dari jarak dekat. Sayang sepakannya hanya menghantam sisi luar jaring gawang.

Prancis membalas di menit ke-56 dengan umpan jarak jauh Pogba yang diterima Gameiro dengan baik. Namun tekanan dari Jeffrey Bruma membuat Gameiro tidak bisa menendang bola dengan baik dan Stekelenburg bisa menepis bola.

Menit ke-62, Memphis gagal memanfaatkan peluang emas mencetak gol balasan. Mendapat umpan tarik dari Karsdorp, Memphis hanya bisa membuat bola melambung di atas mistar gawang Prancis.

Pogba nyaris menambah gol di menit ke-67. Tendangan pojok Payet melambung di depan gawang Belanda dan Pogba mencoba mengarahkan bola ke gawang dengan kepalanya. Namun Stekelenburg masih bisa melakukan penyelamatan gemilang.

Memphis kembali mendapat kesempatan mencetak gol dari tendangan bebas di menit ke-73. Sayang sepakan penyerang 22 tahun ini masih bisa ditangkap dengan baik oleh Hugo Lloris yang menjaga gawang Prancis.

Belanda terus mencari gol penyeimbang dan menit ke-90, Janssen menyundul bola ke arah Memphis. Sepakan jarak dekat Memphis masih bisa ditepis oleh Lloris.

Walaupun kedua tim bermain menyerang, namun hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan, gol tunggal Pogba membuat Prancis unggul dari tuan rumah.

Belanda: Stekelenburg; Karsdorp, Bruma, Van Dijk, Blind; Wijnaldum, Strootman, Propper; Promes, Klaassen, Janssen.
Subs: Vilhena, Toornstra, Depay, Veltman, Kongolo, Zoet, Clasie, Vorm, S. de Jong, Willems, de Vrij, Dost.

Prancis: Lloris; Sidibe, Varane, Koscielny, Kurzawa; Pogba, Matuidi; Sissoko, Griezmann, Payet; Gameiro.
Subs: Kante, Coman, Fekir, Martial, Laporte, Digne, Mandanda, Areola, Gignac, Cabaye, Kimpembe, Corchia.