Tuesday, 23 July 2019

40 Guru PAUD Ikuti Pelatihan Metode Tutor Sepadan

Kamis, 13 Oktober 2016 — 12:36 WIB
Guru-guru PAUD Cilandak saat mengikuti kegiatan metode tutor sepadan. (Inung)

Guru-guru PAUD Cilandak saat mengikuti kegiatan metode tutor sepadan. (Inung)

JAKARTA (Pos Kota) – Meningkatkan kompetensi guru PAUD, Pacific Place bekerjasama dengan PAUD Institut gelar pelatihan metode tutor sepadan. Kegiatan yang diperuntukkan bagi guru PAUD At Thalibin tersebut digelar di RPTRA Bahari, Gandaria Selatan, Jaksel, Kamis (13/10).

“Guru PAUD At Thalibin ini berbagi pengalaman kepada 40 orang pengelola dan guru PAUD di wilayah kecamatan Cilandak. Dari pelatihan ini nantinya peserta akan membagikan ilmunya kepada guru PAUD lainnya ,” kata  Nanny Kurniawan, HR & GA Manager Pacific Place.

Tutor sepadan adalah upaya peningkatan kapasitas PAUD yang dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini yang lebih mapan untuk berbagi pengalaman dengan para pengelola dan guru PAUD yang lain yang dinilai belum sesuai standar.

Menurut Nanny, guru-guru PAUD harus memiliki ketrampilan mengajar yang baik. Sehingga tugas dan fungsi membantu mengoptimalkan perkembangan anak bisa dilakukan lebih efektif.

Tetapi sayangnya masih banyak guru PAUD yang belum memiliki ketrampilan mengajar yang memadai disebabkan kurangnya pengetahuan dan minimnya pelatihan.  Itu sebabnya melalui kegiatan metode titor sepadan, kemampuan guru PAUD bisa meningkat.

Tidak hanya kemampuan menguasai arena (kelas) tetapi juga kemampuan dalam hal menyusun rencana pengajaran, penilaian dan memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitarnya.

Metode totor sepadan ini berupaya memberikan pendampingan bagi setiap peserta pelatihan. Diharapkan kemampuan mereka bisa disebarluaskan ke guru PAUD lain yang ada di kecamatan Cilandak.

Pasific Place melalui program CSR-nya diakui Nanny akan lebih memfokuskan diri pada dunia anak-anak. Sebab anak adalah generasi mendatang yang harus disiapkan sejak dini agar tumbuh menjadi generasi berkualitas.

Selain Cilandak, program metode tutor sepadan juga digelar di wilayah Senayan dengan sasaran guru-guru PAUD diwilayah tersebut. (Inung/win)