Friday, 16 November 2018

Ini Alasan Ahok Minta Peresmian RPTRA Sekaligus

Kamis, 13 Oktober 2016 — 15:44 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bhineka di Jl. Swadarma Raya RT.006 RW.04 Petukangan Utara, Pesanggrahan (ikbal)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bhineka di Jl. Swadarma Raya RT.006 RW.04 Petukangan Utara, Pesanggrahan (ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengingatkan Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, supaya peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di wilayahnya dilakukan sekaligus.

“Di Jakarta Selatan ada 22 RPTRA yang akan diresmikan. Seharusnya peresmiannya sekaligus saja supaya tidak banyak menyita waktu saya,” tandas Ahok, panggilan Basuki, saat meresmikan RPTRA Bhineka, Kelurahan Petukangan Utara, Kamis (13/10/2016).

Ahok menjelaskan 22 RPTRA di Jakarta Selatan seluruhnya dibiayai pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta. Ia meyakini keberadaan RPTRA semakin penting untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam menjalin interaksi sosial dan silaturahmi.

Untuk itu Ahok merencanakan memperbanyak fasilitas publik ini bagi masyarakat. Idealnya satu RW memiliki satu RPTRA. Sehingga membutuhkan sentuhan sejumlah pengelola agar aktivitas di RPTRA dapat terarah dan mampu menggerakkan potensi masyarakat.

Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Jakarta Selatan, Kelik Miyarto, menjelaskan RPTRA Bhineka dibangun dengan biaya Rp1,2 miliar yang menggunakan sebagian lahan Dinas Pertamanan dan Pemakaman.

RPTRA ini dilengkapi dengan berbagai sarana olahraga seperti futsal, volly, bulutangkis, basket, dan joging track. Selain itu, juga ada perpustakaan dan PKK Mart. (rachmi/yp)