Wednesday, 21 November 2018

Sembilan WNA Ditangkap di Hotel Disita Alat Membuat Dolar Palsu

Jumat, 14 Oktober 2016 — 6:44 WIB
Imigrasi Jakarta Pusat memberikan keterangan pers soal penangkapan sembilan WNA

Imigrasi Jakarta Pusat memberikan keterangan pers soal penangkapan sembilan WNA

JAKARTA (Pos Kota) – Lagi Lagi, WNA Kamerun diobok-obok petugas Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat di Hotel Diaz Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (14/10) dinihari. Operasi orang asing melibatkan puluhan petugas gabungan Imigrasi dan aparat Polri dan TNI.

Razia yang dilakukan sekitar pukul 00:00, dipimpin langsung Kepala Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat, Tato J Hidayawan, dengan menggunakan enam mobil dinas. “Orang asing yang tinggal khususnya di Jakarta Pusat sudah semakin membludak dan perlu kita awasi keberadaan, kami juga minta pada setiap pemilik penginapan untuk menanyakan paspor mereka,” tegas Tato J Hidayawan.

Petugas yang tiba di hotel tersebut sempat membuat karyawannya kaget. Dalam hasil penggeledahan petugas memeriksa beberapa unit kamar. Satu WNA kabur dari jendela kemudian loncat dari genteng ke genteng rumah warga.

Sedang dari kamar yang lain, petugas mengamankan sembilan warga negara asing yang sedang asyik ngobrol. Begitu mereka diperiksa ternyata tidak memiliki ijin atau paspor. Dari kesembilan yang diamankan itu 5 diantaranya wanita dan empat pria.

Selain mereka yang diamankan itu, petugas juga menemukan barang bukti berupa, daftar belanjaan bahan kimia untuk pembuatan Upal, kokain, ganja, madat, cairan NaCl campuran kokain serta paspor dan ID pemilik kamar atas nama Tchkenkou Edoardo Aime, kemudian petugas juga menemukan barang elektronik, dua laktop, flasdisk yang diduga sebagai pendukung pembuatan Upal.

“Kini ke 9 orang WNA berkulit hitam itu bersama barang bukti yang disita segera diamankan ke kantor, dan mereka juga jika terbuti bersalah masalah pembuatan Upal dan sebagainya tentu akan segera kita pulangkan (deportasi)‎,” tegas Kepala Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat Tato J Hidayawan.(silaen)