Tuesday, 17 September 2019

15 WN Irak Diamankan Imigrasi Sukabumi

Senin, 17 Oktober 2016 — 19:17 WIB
Petugas Imigras tunjukkan paspor WN Irak yang diamankan

Petugas Imigras tunjukkan paspor WN Irak yang diamankan

SUKABUMI (Pos Kota) – Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Jawa Barat mengamankan 15 warga negara asing (WNA) dari Irak. Mereka diamankan di Cianjur lantaran tidak mampu menunjukkan dokumen keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi Filanto Akbar mengatakan ke-15 WNA Irak ini diamankan Rabu 12 Oktober. Belasan WNA itu diamakan di kawasan Vila Intan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

“Sebanyak dua orang diamankan di ruang detensi Imigrasi Sukabumi. Sementara 13 orang WNA Irak lainnya masih berada di Vila Intan, Cianjur di bawah pengawasan ketat petugas Imigrasi Sukabumi,” ungkapnya, Senin (17/10/2016).

Belasan WN Irak ini datang ke Indonesia tanpa melalui tempat pemeriksaan keimigrasian dan tidak memiliki izin tinggal yang sah. Setelah ditelusuri, mereka awalnya datang dari Malaysia ke Sumatera dan akhirnya masuk ke Pulau Jawa tepatnya di kawasan Cipanas, Cianjur.

‘’ Setelah tinggal di Cianjur mereka berupaya mengamankan izin tinggal di Indonesia. Caranya mereka mengajukan diri sebagai pencari suaka keUnited Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). Para WNA Irak ini akan segera dipulangkan ke negaranya atau upaya deportasi,” tandasnya. (sule)