Thursday, 23 November 2017

Sidang Praperadilan Irman Gusman, Ditunda

Selasa, 18 Oktober 2016 — 12:51 WIB
Irman Gusman. (winoto)

Irman Gusman. (winoto)

JAKARTA (Pos Kota) – Sidang praperadilan perdana mantan Ketua DPD Irman Gusman melawan KPK sedianya digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sidang pun terpaksa ditunda karena Pihak KPK tidak hadir sebagai termohon, meski ruang sidang sudah padat. Selasa (18/10).

Di awal sidang, hakim membacakan surat dari termohon, yaitu pihak KPK yang berisi hal permintaan penundaan persidangan praperadilan. “KPK menyampaikan permintaan penundaan sidang karena KPK butuh menyiapkan administrasi bukti saksi ahli,” kata Hakim tunggal I PN Jakarta Selatan,Wayan Karya.

Pihak Kuasa Hukum Irman Gusman yang diketuai Maqdir Ismail sempat menolak permintaan penundaan dengan alasan rentan waktu yang cukup lama. “Sebenarnya waktu yang disampaikan cukup lama kepada termohon, jangan sampai dua minggu,” kata Kuasa Hukum Irman Gusman, Maqdir Ismail. Namun, Hakim I Wayan memutuskan untuk menunda sidang praperadilan hingga 2 minggu ke depan. Hakim langsung menutup sidang dan akan dilanjutkan 2 minggu lagi.

Maqdir menyarankan kepada majelis hakim agar membuat ketentuan agar penyelidikan terhadap Irman Gusman dihentikan sementara menunggu sidang praperadilan selanjutnya, hakim pun mempertimbangkan hal tersebut. “Supaya pemeriksaan untuk dihentikan sementara menunggu sidang praperadilan ini,” kata Pengacara Irman Gusman yang lain, Razman Arief Nasution.

“Pihak pemohon tidak kami panggil lagi dan memerintahkan untuk memanggil pihak termohon untuk hadir pada Selasa, 25 Oktober 2016,” tutup Hakim Tunggal.

Irman Gusman sendiri merupakan mantan Ketua DPD RI yang telah diberhentikan dari jabatannya lantaran terjerat operasi tangkap tangan KPK terkait dugaan kasus suap pengaturan kuota gula impor di Sumbar pada Sabtu, (17/9) lalu.

Irman melayangkan gugatan praperadilan karena tidak terima ditetapkan sebagai tersangka kasus suap impor gula dan operasi tangkap tangan yang dinilai tidak sesuai prosedur.
(adji/sir)