Tuesday, 27 June 2017

Guardiola Jawab Kritik soal Aguero dan Kompany

Sabtu, 22 Oktober 2016 — 1:20 WIB
Pep Guardiola terlihat kecewa saat Manchester City dikalahkan 0-4 oleh Barcelona (reuters)

Pep Guardiola terlihat kecewa saat Manchester City dikalahkan 0-4 oleh Barcelona (reuters)

INGGRIS – Kekalahan 0-4 di Camp Nou menjadi laga keempat berturut-turut Pep Guardiola tidak memberikan kemenangan bagi Manchester City.

Guardiola yang musim panas lalu resmi menjadi pelatih di Etihad Stadium mengawali musim dengan 10 kemenangan di semua kompetisi. Namun saat bertamu ke kandang Celtic di akhir bulan September lalu, City hanya bisa bermain imbang 3-3.

Tiga hari kemudian, City dikalahkan Tottenham Hotspur di Premier League dan pasca jeda internasional, City ditahan imbang Everton.

Laga Kamis (20/10) dinihari WIB kemarin, City harus menelan kekalahan pahit setelah Lionel Messi mencetak hat-trick dan ditutup dengan gol Neymar yang membuat tuan rumah Barcelona memimpin Grup C Liga Champions, lima angka lebih banyak dari City yang berada di urutan kedua.

Di laga tersebut, Guardiola bahkan tidak membawa bek Vincent Kompany dan striker Sergio Aguero hanya duduk di bangku cadangan.

Keputusan Guardiola tidak menurunkan Kompany dan Aguero sebagai starter memicu rumor kedua pemain tidak menjadi bagian dari strategi jangka panjang Guardiola untuk mengembangkan klub yang menjuarai Premier League musim 2011-12 dan 2013-14.

Namun Guardiola segera membantah rumor tak beralasan tersebut.

“Tidak masuk dalam rencana saya? Saya yang mengambil keputusan dan rencana saya adalah Sergio dan Vincent Kompany adalah masa depan Manchester City,” tegas Guardiola.

Pelatih asal Spanyol ini juga mengungkapkan mengapa Aguero dan Kompany tidak menjadi starter di laga menghadapi Barcelona.

“Kompany tidak fit. Aguero adalah keputusan taktis,” terang pelatih 45 tahun. “Kami ingin lebih menguasai tengah lapangan. Saya mencoba menguasai bola lebih banyak di Camp Nou karena saya tahu saat kami menguasai bola, baik Messi, Suarez dan Neymar tidak menguasai bola dan walaupun mereka masih berbahaya namun ancaman dari mereka berkurang.”

Guardiola juga menegaskan dirinya tidak berniat untuk melepas Aguero.

“Saat Sergio meninggalkan City, itu karena keputusannya,” kata Guardiola.

Manchester City akan menjamu Southampton Minggu (23/10) malam WIB demi mempertahankan posisi teratas klasemen Premier League. Hanya selisih gol dengan Arsenal dan satu angka lebih banyak dari Tottenham Hotspur, City berharap meraih kemenangan atas tim asuhan Claude Puel.(daus)