Tuesday, 20 November 2018

Youtuber Jadi Pekerjaan Nyari Duit

Sabtu, 22 Oktober 2016 — 18:46 WIB
Kevin Anggara

Kevin Anggara

JAKARTA (Pos Kota) – Sempitnya lapangan pekerjaan dewasa ini, membuat banyak orang memutar pikiran bagaimana cara mengais rejeki. Mulai dari membuka usaha jasa hingga berdagang via media sosial menjadi pilihan . Hal ini pun kemudian dimanfaatkan oleh pemilik akun video-sharing Youtube mencari rejeki disamping meningkatkan popularitas.

Namun bagaimana caranya melakukan hal demikian?

Menurut Lastiko (23), pemilik akun Youtube, pengunggah harus memiliki sejumlah peminat terlebih dahulu.

“Untuk memperoleh itu (uang), kita terlebih dulu harus punya crowd sendiri. Yang penting orang tahu kita siapa dan kita tahu apa yang menjadi kesukaan mereka. Kita harus fokus ke satu bidang misalnya gaming atau tutorial” ujar Lastiko saat ditemui di hari kedua Youtube Fanfest 2016 pada Sabtu (22/10) siang.

Dengan demikian, lanjut Lastiko, setelah kita fokus pada satu bidang dan mendapatkan banyak pelanggan atau subscriber, pihak produsen dari perusahaan dagang akan berminat memasang iklan di frame video kita di Youtube.

“Misalnya saya punya channel yang fokus di bidang tutorial kecantikan, nanti kalau sudah banyak pelanggan nya, pihak produsen alat kosmetik bisa pasang iklan di video yang saya miliki” tambah pemuda berkacamata ini.

Bagi Lastiko, menjadi seorang Youtuber bukanlah sekedar bicara didepan kamera lalu mengunggahnya di Youtube. Butuh ketangkasan dan kelihaian dalam membaca minat masyarakat.

Hal yang sama dibenarkan oleh pernyataan Kevin Anggara (18) yang juga terkenal sebagai artis youtube.

“Yang penting kita konsisten dengan channel kita jangan suka ganti-ganti fokus bidangnya” terang Kevin Anggara

Saat ini sudah tidak terhitung berapa orang dan kelompok yang berminat untuk membuka akun Youtube sendiri. Salah satunya adalah Lastday Production (LDP). Channel besutan Listia Magdalena dan kawan-kawan ini dikabarkan mampu meraup untung hingga puluhan juta rupiah dari berbagai iklan yang terpasang di video mereka.

Berminatkah anda menjadi Youtuber? (MO4)