Thursday, 27 April 2017

Bakamla Kibarkan Bendera Merah Putih di Ambalat

Minggu, 23 Oktober 2016 — 9:38 WIB
Bendera Merah Putih berkibat di perairan Ambalat. (humas Bakamla)

Bendera Merah Putih berkibat di perairan Ambalat. (humas Bakamla)

JAKARTA (Pos Kota) – Di sela kesibukannya dalam menjalankan operasi laut, Kal. Bokori yang merupakan salah satu unsur dari TNI Angkatan Laut dan kini tengah bergabung dalam Operasi Nusantara Vlll Bakamla RI, menyempatkan diri untuk mengibarkan Bendera Merah Putih sebagai pengganti dari bendera lama yang sudah usang, di Mercusuar Karang Unarang, dekat perbatasan antara Indonesia – Malaysia, beberapa hari lalu.

Usaha penggantian bendera Merah Putih di Ambalat (ambang batas laut) ini awalnya tidak berjalan mulus disebabkan cuaca yang kurang mendukung. Kondisi air laut yang pasang surut tidak memungkinkan untuk Kal. Bokori mendekat ke mercusuar. Beruntung terdapat beberapa kapal nelayan yang sedang berada di sekitar mercusuar.

Spontan saja lima kapal nelayan dengan sukarela membantu personel TNI AL menuju mercusuar dan mengganti Bendera Merah Putih yang sudah usang.

Kegiatan penggantian bendera Merah Putih ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh personel TNI AL. Dikarenakan cuaca di area Ambalat sering kali ekstrem dengan panas terik dan hujan angin yang cukup deras, mengakibatkan Bendera Merah Putih sering kali robek.

Dengan pemasangan Bendera Merah Putih di Ambalat, menandakan bahwa area tersebut merupakan wilayah Indonesia. (humas bakamla/sir)